Penyintas Guantanamo: AS Menyesatkan Saya untuk Bergabung dengan Mujahidin

Sabtu, 11 September 2021 - 22:34 WIB
loading...
Penyintas Guantanamo: AS Menyesatkan Saya untuk Bergabung dengan Mujahidin
Penyintas penjara Guantanamo Mohamedou Ould Slahi. Foto/Russia Today
A A A
NOUAKCHOTT - Seorang mantan pejuang Islam yang pergi ke Afghanistan untuk melawan Soviet dan kemudian terjebak dalam Perang Melawan Teror Amerika Serikat (AS). Akibatnya, ia menghabiskan 14 tahun di penjara Guantanamo .

Pada awal 1990-an, Mohamedou Ould Slahi memiliki gagasan romantis untuk mengejar tujuan mulia, ingin mempertaruhkan nyawanya untuk sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri. Dia melakukan perjalanan dari Jerman ke Afghanistan dengan rencana untuk bergabung dengan Mujahidin. Pada saat itu, kelompok Islamis Afghanistan dipuji sebagai pejuang kemerdekaan yang heroik, seorang 'David' yang telah mengalahkan 'Goliath' dari Uni Soviet yang perkasa dan sedang dalam perjalanan untuk menggulingkan pemerintah komunis di Kabul.

“Arab Saudi, negara-negara Teluk, Jerman, tempat saya tinggal, mendukung Afghanistan. Kami biasa menonton film. Kami biasa menonton berita, dokumenter tentang Afghanistan. Dan saya memutuskan untuk bergabung dengan Mujahidin,” kenang mantan pejuang itu saat berbicara dengan Russia Today di Mauritania.

Kenyataannya, Afghanistan dilanda perang saudara, dengan berbagai faksi berlomba-lomba untuk mendapatkan sumber daya dan kekuatan politik. Kamp pelatihan di mana Slahi berakhir dijalankan oleh al-Qaeda , didirikan hanya beberapa tahun sebelumnya oleh Osama Bin Laden , seorang putra dari keluarga kaya Arab Saudi yang dengan dukungan AS telah bergabung dan membantu membiayai serta mempersenjatai Mujahidin.



Slahi mengatakan dia tidak tahu dia berjanji setia kepada organisasi teroris internasional.

“Saya masih sangat muda dan saya sangat salah informasi. Ini adalah mesin propaganda yang sangat besar yang dipimpin oleh AS dan sekutu Barat dan sekutu Arabnya. Mereka memberi saya gambaran yang salah,” kenangnya.

"Saya pikir itu adalah tujuan yang sangat baik untuk membebaskan orang dan mendirikan negara bebas - saya bahkan tidak tahu apa arti negara bebas, jujur saja," imbuhnya seperti dikutip dari media yang berbasis di Rusia itu, Sabtu (11/9/2021).

Perjalanan Slahi ke Afganistan dan panggilan telepon dari sepupunya, rekan Bin Laden, membuatnya menjadi sasaran intelejen Barat. Dia diselidiki untuk kemungkinan koneksi terorisme ketika dia tinggal di Kanada, sebelum pulang ke Mauritania dan, setelah 9/11, dia ditandai sebagai orang yang berkepentingan, yang haknya tidak relevan dengan dorongan Washington untuk membalas dendam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)