Bersitegang dengan Iran, AS Luncurkan Gugus Tugas Drone

Kamis, 09 September 2021 - 04:33 WIB
loading...
A A A
“Saya pikir lingkungan itu sangat cocok untuk kita bereksperimen dan bergerak lebih cepat,” ungkap Cooper.

“Dan keyakinan kami adalah jika sistem baru dapat bekerja di sini, mereka mungkin dapat bekerja di tempat lain dan dapat menskalakannya di armada lain,” ujarnya.

Ini juga mewakili wilayah yang telah mengalami serangkaian serangan di laut dalam beberapa tahun terakhir. Di lepas pantai Yaman, kapal drone bermuatan bom dan ranjau Houthi Yaman telah merusak kapal di tengah perang selama bertahun-tahun di negara itu. Di dekat Uni Emirat Arab (UEA) dan Selat Hormuz, kapal tanker minyak telah disita oleh pasukan Iran.



Ledakan yang mencurigakan juga melanda kapal-kapal di kawasan itu, mulai dari kapal tanker milik perusahaan Barat, kapal yang terkait dengan Israel dan kapal Iran. Serangan-serangan itu telah menjadi bagian dari perang bayangan yang lebih luas yang terjadi di seluruh kawasan setelah keputusan Presiden Donald Trump pada 2018 untuk secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia. Iran bahkan menembak jatuh drone Amerika di tengah ketegangan.

Sementara Presiden Joe Biden mengatakan dia bersedia untuk memasuki kembali kesepakatan, negosiasi di Wina Austria terhenti karena presiden baru Iran seorang garis keras.

Itu membuka kemungkinan serangan lebih lanjut oleh Iran – serta oleh Israel, yang telah dicurigai dalam insiden yang menargetkan pengiriman Iran dan program nuklirnya.

Cooper mengakui ketegangan itu, tetapi menolak untuk menjelaskan secara spesifik.

“Kami sangat menyadari sikap Iran dan kami akan siap untuk menghadapinya dengan tepat,” kata wakil laksamana itu.

"Aku akan membiarkannya begitu saja," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)