UE Ungkap 5 Kriteria untuk Jalin Kerjasama dengan Taliban

Minggu, 05 September 2021 - 09:34 WIB
loading...
UE Ungkap 5 Kriteria untuk Jalin Kerjasama dengan Taliban
Borrel mengungkap lima kriteria untuk melakukan kerjasama dengan Taliban, meskipun UE tidak akan mengakui pemerintahan yang dibentuk oleh kelompok itu. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE) , Josep Borrel mengungkap lima kriteria untuk melakukan kerjasama dengan Taliban , meskipun Brussels tidak akan mengakui pemerintahan yang dibentuk oleh kelompok itu. Borrel mengatakan, kerjasama dengan Taliban dibutuhkan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Afghanistan.

“Masa depan Afghanistan tetap menjadi masalah utama bagi kami. Ini mempengaruhi kami, itu mempengaruhi kawasan, stabilitas internasional dan memiliki dampak langsung pada keamanan Eropa,” ucap Borrell, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (5/9/2021).

Menurut Borrell, para Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan UE telah sepakat bahwa blok tersebut harus menjaga komitmennya untuk mendukung rakyat Afghanistan.

“Untuk mendukung penduduk Afghanistan, kita harus terlibat dengan pemerintah baru di Afghanistan, yang tidak berarti pengakuan, itu adalah keterlibatan operasional. Keterlibatan itu akan tumbuh lebih dalam berdasarkan tindakan Taliban,” ujarnya.

Borrell menyebutkan lima kriteria atau “benchmark” untuk kerjasama tersebut. Pertama, jelasnya, sangat penting bagi blok tersebut untuk melihat bahwa pemerintah Afghanistan berkomitmen untuk mencegah negara itu menjadi basis terorisme internasional.

UE, turut Borrell, juga akan mengamati apakah jika rezim baru menghormati supremasi hukum dan HAM, terutama hak-hak perempuan.

“Kami juga melihat komposisi pemerintahan baru sebagai kriteria penting untuk keterlibatan lebih lanjut, dengan pembentukan pemerintahan transisi yang inklusif dan representatif melalui negosiasi di antara kekuatan politik di Afghanistan,” jelas Borrell.

Dia mengatakan, UE juga akan menuntut rezim Taliban memberikan akses gratis untuk bantuan kemanusiaan, menghormati kondisi pengiriman, baik dari UE atau dari organisasi dan negara lain.

Sebagai patokan terakhir, UE mengharapkan pemerintah Afghanistan yang baru untuk menepati janji mereka untuk mengizinkan kepergian warga asing dan warga Afghanistan dalam bahaya.

“Beberapa akan mengatakan ‘oh, tetapi Taliban tidak akan memenuhinya.’ Mari kita lihat. Keterlibatan UE akan tergantung pada pemenuhan persyaratan ini,” tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)