Lukashenko: Rusia Segera Kirim Senjata, Bahkan Mungkin S-400, ke Belarusia

Kamis, 02 September 2021 - 08:00 WIB
loading...
Lukashenko: Rusia Segera Kirim Senjata, Bahkan Mungkin S-400, ke Belarusia
Sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Senjata ini kemungkinan segera dikirim Rusia ke Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
MINSK - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan Rusia segera mengirimkan senjata militer besar-besaran, bahkan mungkin sistem rudal S-400 , ke Belarusia.

Komentar Lukashenko—yang dijuluki diktator terakhir Eropa—disampaikan hari Rabu dan dipublikasikan kantor berita negara setempat, Belta.



Pengiriman senjata besar-besaran itu kemungkinan akan ditafsirkan sebagai tanda lebih lanjut dari dukungan Moskow yang tak tergoyahkan untuk Lukashenko, yang menghadapi protes oposisi terbesar terhadap pemerintahannya tahun lalu. Lukashenko merespons protes itu dengan tindakan keras yang dikecam oleh Barat.

Pasukan Rusia dan Belarusia dijadwalkan mengadakan latihan militer gabungan besar-besaran akhir bulan ini. Latihan "Zapad-2021" akan berlangsung dari 10 hingga 16 September 2021.

Rusia melihat sekutu Belarusia-nya sebagai penyangga keamanan di sisi baratnya melawan aliansi militer NATO dan Uni Eropa.

“Rusia dalam waktu dekat...akan memasok kami—saya tidak akan mengatakan berapa banyak uang atau apa—dengan lusinan pesawat, lusinan helikopter, senjata pertahanan udara terpenting,” kata Lukashenko.

“Bahkan mungkin S-400 (sistem rudal darat ke udara). Kami sangat membutuhkannya seperti yang saya katakan di masa lalu, ”katanya.

“Singkatnya, peralatan paling modern. Kami akan membekali diri. Jika kami melihat selama latihan (Zapad-2021) bahwa kami membutuhkan sesuatu yang lain, maka kami akan membelinya dari Federasi Rusia dan menugaskannya,” imbuh dia.

Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pembicaraan di Rusia pada malam latihan militer, pada 9 September 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)