Peralatan Militer AS yang Sebelumnya Milik Tentara Afghanistan Nongol di Iran

Kamis, 02 September 2021 - 07:01 WIB
loading...
A A A
Al Arabiya English tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian gambar-gambar yang dibagikan di media sosial.

Iran gembira dengan penarikan AS dari negara tetangga Afghanistan. Teheran telah mengisyaratkan sikapnya terhadap Taliban akan bergantung pada perilaku kelompok itu.

"Sifat hubungan kita dengan pemerintah tergantung pada sifat hubungan mereka dengan kita," ungkap Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei pada Sabtu.

Iran berbagi perbatasan 560 mil dengan Afghanistan.

Belum ada angka pasti untuk jumlah peralatan militer AS yang tertinggal setelah penarikan Amerika Serikat berakhir pada Senin. Kini sebagian besar peralatan itu disita Taliban sejak menguasai negara itu bulan lalu.

“Ada kekhawatiran di Washington bahwa senjata yang disita Taliban dapat diserahkan kepada musuh-musuh AS atau digunakan untuk menyerang kepentingan AS di kawasan itu,” papar laporan Reuters.

Kepala Komando Pusat AS (CENTCOM) Kenneth McKenzie mengatakan pasukan AS mendemiliterisasi peralatan sebelum mereka benar-benar ditarik dari Afghanistan. Tindakan itu membuat marah Taliban.

Sejak menguasai Afghanistan pada 15 Agustus, Taliban menguasai harta karun rampasan perang berupa peralatan militer yang telah diberikan kepada pemerintah Afghanistan oleh AS.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)