Sekjen PBB Peringatkan 'Bencana Kemanusiaan' di Afghanistan

Rabu, 01 September 2021 - 07:01 WIB
loading...
Sekjen PBB Peringatkan Bencana Kemanusiaan di Afghanistan
Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memperingatkan "bencana kemanusiaan" yang menjulang di Afghanistan ketika dia mendesak negara-negara menyediakan dana darurat setelah kepergian pasukan Amerika Serikat (AS).

Guterres menyatakan keprihatinannya yang mendalam pada krisis kemanusiaan dan ekonomi yang semakin dalam di negara itu. Dia menambahkan layanan dasar terancam runtuh “sepenuhnya” di Afghanistan.

“Sekarang lebih dari sebelumnya, anak-anak Afghanistan, perempuan dan laki-laki membutuhkan dukungan dan solidaritas masyarakat internasional,” ujar dia, saat memohon dukungan keuangan dari berbagai negara untuk Afghanistan.



“Saya mendesak semua negara anggota untuk menggali lebih dalam bagi orang-orang Afghanistan di saat-saat tergelap mereka membutuhkan. Saya mendesak mereka menyediakan dana yang tepat waktu, fleksibel dan komprehensif,” papar dia.



Guterres mengumumkan PBB akan merilis rincian seruan kilat untuk Afghanistan pekan depan.



“Informasi tersebut akan merinci kebutuhan kemanusiaan paling mendesak dan persyaratan pendanaan yang dibutuhkan selama empat bulan ke depan,” ujar dia.

“Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat Martin Griffiths akan mengoordinasikan seluruh sistem PBB dalam persiapan pendanaan,” ungkap Guterres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)