Tampang Bomber ISIS di Bandara Kabul, Pembantai 110 Orang Termasuk 13 Tentara AS

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 00:02 WIB
loading...
Tampang Bomber ISIS di Bandara Kabul, Pembantai 110 Orang Termasuk 13 Tentara AS
Abdul Rehman Al-Loghri, pembom bunuh diri kelompok ISIS-K, yang membantai 110 orang termasuk 13 tentara AS di bandara Kabul, Afghanistan. Foto/Amaq/via Twitter
A A A
KABUL - Kelompok Islamic State Khorasan (ISIS-K) telah merilis pembom (bomber) bunuh diri yang beraksi di sekitar bandara Kabul ,
Afghanistan. Serangan bom bunuh diri pada hari Kamis itu menewaskan 110 orang, termasuk 13 tentara Amerika Serikat (AS).

Kelompok ISIS-K merilis gambar salah satu pelaku bom bunuh diri, yang diidentifikasi sebagai Abdul Rehman Al-Loghri. Gambar itu dirilis ISIS-K melalui media propagandanya, Amaq.



Awalnya dilaporkan ada dua serangan bom bunuh diri, yakni di Abbey Gate—salah satu gerbang utama Bandara Internasional Hamid Karzai—dan Baron Hotel yang jarak keduanya 200 meter. Namun, Pentagon mengonfirmasi hanya ada satu ledakan bom bunuh diri di area gerbang bandara.

"Saya dapat mengonfirmasi kepada Anda bahwa kami tidak percaya bahwa ada ledakan kedua di atau di dekat Baron Hotel, bahwa itu adalah seorang pembom bunuh diri," kata pejabat Pentagon, Mayor Jenderal Angkatan Darat William Taylor, kepada wartawan, yang dilansir Reuters, Jumat (27/8/2021).

ISIS-K dan Taliban adalah kelompok militan Islam Sunni garis keras, tetapi berbeda dalam hal-hal kecil agama dan strategi, dengan keduanya mengeklaim sebagai pembawa bendera jihad yang sebenarnya.

ISIS-K adalah cabang ISIS Afghanistan-Pakistan. Kelompok ini kerap mengeklaim bertanggung jawab atas beberapa serangan paling mematikan di kedua negara dalam beberapa tahun terakhir. Mereka tidak memegang wilayah di kedua negara itu, tetapi beroperasi di sel-sel rahasia.

Laporan media lokal mengatakan pembom bunuh diri sebelumnya menabrak orang-orang yang berdiri di saluran air limbah,membuat mayat-mayat terbang dan jatuh saluran air.



Pemandangan kepanikan di sekitar bandara menunjukkan orang-orang yang menunggu dengan putus asa untuk mendapatkan tempat dalam penerbangan keluar dari Afghanistan terlihat membawa mereka yang terluka ke ambulans, di mana pakaian mereka berlumuran darah.

Para korban selamat yang berlumuran darah digiring dari tempat kejadian dengan gerobak dorong.

Ada juag rekaman video yang menunjukkan orang-orang yang putus asa mencari kerabat terkasih di antara puluhan mayat di saluran air limbah di pinggiran bandara.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)