Bos CIA Diam-diam Bertemu Pemimpin Taliban di Kabul

Selasa, 24 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
Bos CIA Diam-diam Bertemu Pemimpin Taliban di Kabul
Direktur CIA William J. Burns diam-diam mengadakan pertemuan dengan pemimpin de facto Taliban, Abdul Ghani Baradar, di Kabul, Afghanistan. Foto/MCE Zone
A A A
WASHINGTON - Kepala badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA , diam-diam dilaporkan bertemu dengan pemimpin Taliban . Laporan ini muncul di saat Presiden AS Joe Biden menghadapi tekanan atas tenggat waktu evakuasi di Afghanistan .

Direktur CIA William J. Burns mengadakan pertemuan rahasia pada hari Senin di Kabul dengan pemimpin de facto Taliban, Abdul Ghani Baradar, dalam pertemuan tatap muka tingkat tinggi antara Taliban dan pemerintahan Biden sejak gerilyawan merebut ibu kota Afghanistan. Hal itu diungkapkan pejabat AS yang mengetahui masalah tersebut yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas diplomasi sensitif.

Presiden Biden mengirim pejabat mata-mata utamanya, seorang veteran Dinas Luar Negeri dan diplomat yang paling dihormati di Kabinetnya, di tengah upaya untuk mengevakuasi orang-orang dari bandara internasional Kabul dalam apa yang disebut Biden sebagai salah satu evakuasi udara terbesar dan tersulit dalam sejarah.



CIA menolak untuk mengomentari pertemuan dengan Taliban tersebut, tetapi diskusi kemungkinan akan melibatkan tenggat waktu 31 Agustus yang akan datang bagi militer AS untuk menyelesaikan pengiriman udara warga AS dan sekutu Afghanistan seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (24/8/2021).

Sementara bagi Baradar, memainkan peran menjadi mitra bagi Direktur CIA adalah sebuah ironi setelah badan mata-mata itu menangkapnya dalam operasi bersama dengan Pakistan. Ia pun harus mendekam di penjara selama delapan tahun.

Meski begitu, pemimpin Taliban itu tidak asing dengan Barat.

Setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 2018, ia menjabat sebagai kepala negosiator Taliban dalam pembicaraan damai dengan AS di Qatar yang menghasilkan kesepakatan dengan pemerintahan Trump tentang penarikan pasukan. Pada November 2020, ia berpose di depan kursi berbingkai emas bersama Menteri Luar Negeri AS saat itu Mike Pompeo.

Seorang teman dekat pemimpin tertinggi pendiri Taliban, Mohammad Omar, Baradar diyakini memiliki pengaruh signifikan atas jajaran dan arsip Taliban. Dia melawan pasukan Soviet selama pendudukan mereka di Afghanistan dan menjadi gubernur beberapa provinsi pada akhir 1990-an ketika Taliban terakhir memerintah negara itu.



Sejak Taliban mengambil alih negara itu, dia telah menyuarakan nada perdamaian. Ia mengatakan bahwa kelompok militan sedang mencari sistem Islam di mana semua orang di Afghanistan dapat berpartisipasi tanpa diskriminasi dan hidup harmonis satu sama lain dalam suasana persaudaraan. Namun pernyataan itu muncul di tengah laporan beberapa sekolah perempuan ditutup dan Taliban menyita properti dan menyerang warga sipil di beberapa bagian negara itu.

Dalam pertemuannya dengan Burns pada hari Senin, Baradar menghadapi salah satu diplomat Amerika yang paling berpengalaman, mantan wakil menteri luar negeri yang juga menjabat sebagai duta besar AS untuk Rusia.

Pada bulan April, Burns melakukan perjalanan mendadak ke Afghanistan karena kekhawatiran meningkat tentang kemampuan pemerintah Afghanistan untuk menangkis Taliban setelah penarikan AS.

Sebagai direktur, Burns mengawasi agen mata-mata yang melatih unit pasukan khusus elit Afghanistan yang dipandang sebagai kekuatan potensial di negara itu, tetapi juga terlibat dalam pembunuhan di luar proses hukum dan pelanggaran hak asasi manusia.

Burns bersaksi di depan Kongres awal tahun ini bahwa baik ISIS maupun al-Qaeda di Afghanistan tidak memiliki kemampuan untuk melancarkan serangan di dalam Amerika Serikat. Namun dia mengatakan bahwa ketika tiba saatnya bagi militer AS untuk mundur, kemampuan pemerintah AS untuk mengumpulkan dan bertindak atas ancaman akan berkurang.

"Itu fakta," katanya saat itu.



Pada hari Senin, sebelum rincian pertemuan rahasia muncul, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price ditanya tentang mengapa pejabat senior AS tidak terlibat dengan Baradar, mengingat taruhannya di Afghanistan.

"Diskusi kami dengan Taliban telah operasional, taktis," kata Price.

“Mereka sebagian besar berfokus pada operasi jangka pendek dan tujuan jangka pendek kami...apa yang terjadi di kompleks bandara. Itulah yang kami fokuskan saat ini,” ujarnya.

Pemerintahan Biden berada di bawah tekanan dari beberapa sekutunya guna menahan pasukan AS di negara itu setelah akhir bulan untuk membantu evakuasi puluhan ribu warga Amerika Serikat dan negara-negara Barat serta sekutu Afghanistan yang putus asa untuk melarikan diri dari kekuasaan Taliban.

Inggris, Prancis, dan sekutu AS lainnya mengatakan lebih banyak waktu diperlukan untuk mengevakuasi personel mereka. Tetapi seorang juru bicara Taliban memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan melewati "garis merah" jika mempertahankan pasukan di luar tanggal 31, yang katanya akan memicu "konsekuensi" yang tidak ditentukan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)