Blinken ‘Bantah’ Pernyataan Biden, Akui Al-Qaeda Masih ada di Afghanistan

Senin, 23 Agustus 2021 - 16:30 WIB
loading...
Blinken ‘Bantah’ Pernyataan Biden, Akui Al-Qaeda Masih ada di Afghanistan
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken membantah pernyataan Joe Biden dengan mengakui bahwa al-Qaeda masih ada di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) , Antony Blinken “membantah" pernyataan Joe Biden dengan mengakui bahwa al-Qaeda masih ada di Afghanistan. Pekan lalu, Biden mengatakan bahwa AS tidak lagi memiliki kepentingan di Afghanistan, karena al-Qaeda telah musnah di negara itu.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan Fox News, Blinken terpaksa mengakui bahwa tidak benar bahwa al-Qaeda telah "hilang" dari Afghanistan.

“Seperti yang kita semua tahu, kita pergi ke Afghanistan 20 tahun yang lalu dengan satu misi dan satu tujuan dalam pikiran: dan itu untuk berurusan dengan orang-orang yang menyerang kitapada 9/11, untuk membawa (Osama) bin Laden ke pengadilan, yang sudah dilakukan satu dekade lalu,” ucap Blinken.

“Selain itu, untuk mengurangi kapasitas al-Qaeda untuk melakukan hal yang sama lagi, untuk menyerang kami dari Afghanistan dan itu, menurut presiden, telah berhasil,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (23/8/2021).

Pembawa acara Fox News, Chris Wallace harus beberapa kali menekan Blinken sebelum akhirnya dia mengakui bahwa masih ada anggota dan sisa-sisa al-Qaeda di negara itu.

Dia tidak secara langsung mengakui bahwa Biden, yang adalah bosnya, melakukan kesalahan ketika mengatakan bahwa organisasi teroris itu telah benar-benar menghilang dari Afghanistan.

“Tapi yang dimaksud presiden adalah kapasitasnya untuk melakukan apa yang dilakukannya pada 9/11 dan kapasitas itu telah sangat berhasil dikurangi,” bantah Blinken.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)