Biden Harus Dimakzulkan Jika Gagal Evakuasi Semua Warga AS dari Afghanistan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 08:30 WIB
loading...
Biden Harus Dimakzulkan Jika Gagal Evakuasi Semua Warga AS dari Afghanistan
Presiden Jo Biden terancam dimakzulkan jika gagal evakuasi semua warga Amerika Serikat dan sekutunya dari Afghanistan. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A A A
WASHINGTON - Senator top Amerika Serikat (AS), Lindsey Graham, menegaskan bahwa Presiden Joe Biden harus dimakzulkan jika gagal mengevakuasi seluruh warga Amerika dan sekutu Afghanistan -nya dari Kabul. Menurutnya, kegagalan itu berarti kejahatan dan pelanggaran berat terhadap konstitusi Amerika.

Komentar senator dari Partai Republik ini muncul ditengah penarikan pasukan AS dan sekutu NATO-nya dari Afghanistan yang tidak berjalan mulus.



Graham mendukung inisiatif pemakzulan terhadap Biden selama wawancara hari Jumat di Fox News. Dia awalnya ditanya tentang laporan bahwa pasukan Taliban datang dari pintu ke pintu rumah untuk mengumpulkan warga negara Afghanistan yang memberikan dukungan kepada pasukan AS.

"Jika kita meninggalkan orang Amerika—jika kita meninggalkan ribuan orang Afghanistan yang berjuang bersama kita dengan berani—Joe Biden layak dimakzulkan karena kejahatan yang lebih tinggi dan pelanggaran dari melalaikan tugas," kata Senator Graham kepada pembawa acara "Fox & Friends" di Fox News, Steve Doocy.

"Kami berkewajiban untuk mengeluarkan setiap warga negara Amerika, kami berkewajiban untuk mengeluarkan orang-orang Afghanistan yang berjuang bersama kami," katanya lagi.

“Jika kita meninggalkan satu orang Amerika. Jika kita tidak mendapatkan semua orang Afghanistan yang naik ke piring untuk membantu kita, maka Joe Biden, dalam pandangan saya, telah melakukan kejahatan dan pelanggaran berat di bawah Konstitusi dan harus dimakzulkan," tegasnya.

Politisi Amerika itu lebih lanjut menunjukkan bahwa pemerintah Inggris dan Prancis telah melakukan upaya mereka sendiri untuk mengevakuasi warga negara mereka masing-masing serta sekutu Afghanistan-nya yang telah membantu tentara mereka. Inggris mengerahkan sekitar 900 tentara ke Afghanistan sedangkan Prancis mengerahkan sejumlah pasukan yang tidak ditentukan untuk membantu dalam operasi evakuasi.

Graham juga mengkritik mantan Presiden AS Donald Trump ketika diputuskan pada 2019 bahwa pasukan AS akan ditarik keluar dari timur laut Suriah, ketika Turki meluncurkan serangan militernya sendiri ke wilayah tersebut. Namun, pada saat itu, ketika para anggota parlemen Amerika menuduh pemerintah telah “tanpa malu-malu” meninggalkan pasukan Kurdi, Graham berhenti menyerukan pemakzulan yang sebenarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)