Gedung Putih Akui Cukup Banyak Senjata AS Jatuh ke Tangan Taliban

Rabu, 18 Agustus 2021 - 06:37 WIB
loading...
A A A
AS juga membayar gaji mereka, yang diduga menyebabkan para komandan lokal melaporkan "tentara hantu" yang tidak benar-benar ada hanya untuk memenuhi kantong mereka dengan uang dari AS.

Biden dan para jenderalnya selama ini bersikeras bahwa tentara Afghanistan adalah kekuatan tempur yang mampu menahan serangan Taliban.

Tentara Afghanistan itu akhirnya menyerah tanpa perlawanan selama akhir pekan lalu. Fakta ini sangat mengejutkan Pentagon dan Gedung Putih.

Pemimpin operasi di Kepala Staf Gabungan AS Mayor Jenderal Hank Taylor tidak memiliki jawaban untuk wartawan yang bertanya saat pengarahan Pentagon pada Senin tentang senjata yang disita Taliban.

Ditanya apakah AS melakukan sesuatu untuk mencegah senjata dan peralatan militer itu jatuh ke tangan Taliban, Taylor mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang langkah-langkah tersebut.

"Saya tidak punya jawaban untuk pertanyaan itu," jawab Taylor, atas pertanyaan apakah AS melakukan sesuatu untuk menghancurkan peralatan yang ditinggalkan, termasuk mengebom pangkalan militer Afghanistan.

Taylor dan pejabat Pentagon lainnya sebenarnya membantah telah terjadi serangan udara AS semacam itu.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)