Pencipta Game Teka-teki Sudoku Meninggal Dunia

Selasa, 17 Agustus 2021 - 19:56 WIB
loading...
Pencipta Game Teka-teki Sudoku Meninggal Dunia
Pencipta game Sudoku Maki Kaji tutup usia pada usia 69 tahun. Foto/The Irish Times
A A A
TOKYO - Para pecinta permainan teka teki asal Jepang , Sudoku , dirundung duka. Penciptapermainan ini,Maki Kaji, yang pekerjaan hidupnya menyebarkan permainan teka-teki yang menggembirakan itu, tutup usia pada usia 69 tahun. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Ia diketahui menderita kanker saluran empedu.

Kaji adalah kepala eksekutif di perusahaan teka-teki Nikoli sampai Juli dan meninggal pada 10 Agustus di rumahnya di Mitaka, sebuah kota di wilayah metro Tokyo.

Dikenal sebagai Godfather of Sudoku, Kaji menciptakan permainan teka-teki yang mudah bagi anak-anak dan orang lain yang tidak ingin berpikir terlalu keras.

Dia melakukan perjalanan ke lebih dari 30 negara untuk menyebarkan kesenangannya terhadap teka-teki.

Awalnya, Sudoku disebut "Suji-wa-Dokushin-ni-Kagiru", yang diterjemahkan menjadi, "Angka harus lajang, bujangan".



Game tersebut terdiri dari karakter Jepang untuk "angka" serta "tunggal", dan pemain menempatkan angka satu hingga sembilan dalam baris, kolom, dan blok tanpa mengulanginya.

Ironisnya, baru pada tahun 2004 Sudoku menjadi hit global, setelah seorang penggemar dari Selandia Baru meluncurkannya dan menerbitkannya di surat kabar Inggris The Times.

Dua tahun kemudian, Jepang menemukan kembali teka-tekinya sendiri sebagai "gyakuyunyu", atau "impor ulang".

Menurut Nikoli, perusahaan yang berbasis di Tokyo, kejuaraan Sudoku telah menarik sekitar 200 juta orang di 100 negara selama bertahun-tahun.

"Sudoku juga tidak pernah memiliki merek dagang kecuali di Jepang, mendorong kegemarannya di luar negeri," kata Nikoli.



“Kaji-san datang dengan nama Sudoku dan dicintai oleh penggemar puzzle dari seluruh dunia. Kami berterima kasih dari lubuk hati kami atas perlindungan yang telah Anda tunjukkan sepanjang hidupnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Irish Times, Selasa (17/8/2021).
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)