Taliban dan Gagalnya Amerika Serikat Membangun Negara Boneka di Afghanistan

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Ridley mengungkapkan, “Saya tidak menyukai Taliban dan mereka jelas tidak menyukai saya. Namun, sebagai seorang jurnalis, saya selalu merasa bahwa tugas saya untuk menyampaikan kebenaran dan kebenaran adalah bahwa sipir memperlakukan saya dengan kebaikan dan rasa hormat yang tidak saya duga.”

“Lebih jauh, saya dapat melihat bahwa mereka mencintai negara mereka dan tidak akan pernah menyerah dalam perjuangan untuk merebutnya kembali dari penjajah pimpinan AS,” papar dia.

Suka atau tidak suka, Taliban tidak goyah dari tujuannya atau mengejar agenda tersembunyi apa pun.

“Kita di Barat mungkin tidak menyukai cara berpikir, ideologi, atau kepercayaannya, dan akan menolak gagasan memperkenalkan cara-cara Taliban ke negara kita, dan dengan alasan yang bagus. Tetapi mengapa kita harus mengharapkan gerakan dan pendukungnya untuk mengadopsi dan merangkul budaya, kebiasaan, dan kepercayaan kita yang menurut mereka sama-sama tidak menyenangkan?” ungkap Ridley.

“Saat saya menulis ini, AS yang seharusnya menarik pasukannya dari Afghanistan awal bulan ini, sedang membom posisi Taliban. Cukup sudah cukup. Waktunya telah tiba bagi Barat untuk mengambil langkah mundur yang besar dan berhenti mencampuri urusan Afghanistan selain memberikan bantuan dan dukungan kemanusiaan tanpa pamrih untuk menebus 20 tahun kehancuran,” ujar Ridley.

Menurut dia, “Jika rakyat Afghanistan ingin menyingkirkan pemerintah yang dipaksakan oleh AS kepada mereka, maka itu urusan mereka, bukan urusan kita.”

Ya, orang-orang masih sekarat dalam konflik ini, seperti yang terjadi selama 20 tahun terakhir. Namun, baru sekarang jumlah korban sipil yang dilaporkan di media Barat dianggap penting.

“Ketika saya meninggalkan Afghanistan setelah dibebaskan oleh Taliban pada Oktober 2001, perang telah dimulai. Selama perjalanan dari Kabul ke perbatasan Pakistan, saya melihat apa yang tampak seperti bukti kuat bahwa daerah sipil telah dibom oleh pasukan koalisi pimpinan AS, termasuk rumah sakit. Tidak ada yang tertarik dengan jumlah korban sipil Afghanistan saat itu,” tutur dia.

Ridley menegaskan, “Saya sering merujuk di kolom saya tentang kemunafikan dan standar ganda yang digunakan Barat dan beberapa rekan saya di media. Tidak pernah lebih terang-terangan daripada dalam liputan mereka tentang campur tangan Barat di Afghanistan.”

Suka atau tidak, Taliban telah kembali berkuasa. “Saya tahu dari kontak saya sendiri di dalam gerakan itu bahwa pilihan yang lebih disukai adalah penyelesaian diplomatik, tetapi ada sedikit kepercayaan antara kepemimpinan dan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Yang benar adalah bahwa dia bisa mencapai penyelesaian damai dengan Taliban beberapa bulan yang lalu, tetapi dia selalu berpikir bahwa AS akan ada di sana untuk mendukungnya, jadi itu tidak perlu dilakukan,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)