Taliban dan Gagalnya Amerika Serikat Membangun Negara Boneka di Afghanistan

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:23 WIB
loading...
A A A
“Kita diberitahu setiap hari setelah peristiwa mengerikan 9/11 bahwa Taliban menjalankan rezim paling brutal dan kejam di dunia. Tapi tidak ada keterlibatan Taliban dalam 9/11. Itu adalah narasi yang didorong Presiden AS saat itu George W Bush dan sahabat karibnya, Perdana Menteri Inggris Tony Blair,” ujar Ridley.

“Mereka berbicara tentang sekolah perempuan ditutup dan anak-anak dilarang menerbangkan layang-layang. Seperti yang sering terjadi dalam cerita-cerita menakutkan seperti itu, ada sedikit kebenaran dalam kata-kata mereka,” papar dia.

Namun, jika wartawan menyelidiki lebih lanjut, mereka akan menemukan bahwa sekolah ditinggalkan dan ditutup untuk semua orang karena tidak ada uang, sebagian negara berada dalam cengkeraman kelaparan dan semuanya menderita akibat dampak bencana sipil yang menghancurkan, perang.

“Menerbangkan layang-layang memang dilarang di kota-kota besar dan kota-kota besar, karena kabel setipis pisau cukur dapat memotong dalam dan melalui kabel listrik di atas kepala, membunuh para penerbang layang-layang yang malang dan meninggalkan area utama tanpa listrik,” tutur dia.

Bayangkan mencoba menerbangkan layang-layang di Oxford Street London dan Anda dapat melihat mengapa praktik seperti itu dihentikan.

“Ketika saya kembali ke Afghanistan pada Februari 2002, tahun setelah penangkapan saya oleh Taliban, banyak yang dibuat percaya oleh media bahwa Universitas Kabul membuka kembali gerbangnya setelah jatuhnya gerakan itu dan bahwa anak perempuan akan dapat kembali ke sekolah,” ungkap Ridley.

Dia menjelaskan, banyak yang percaya bahwa perang sudah berakhir dan masa depan tampak cerah. “Memang benar, tetapi ketika saya bertanya pada konferensi pers berapa lebih banyak anak perempuan daripada anak laki-laki yang lulus ujian masuk jika anak perempuan tidak dididik di era Taliban, ada keheningan yang membatu,” papar dia.

“Alih-alih sebuah tanggapan, saya diremehkan, dikesampingkan dan dibungkam; dihapuskan sebagai korban sindrom Stockholm hanya karena saya selamat dari cobaan yang mengerikan ketika saya ditangkap dan ditahan oleh Taliban selama sepuluh hari pada September sebelumnya,” ujar dia.

Dia memaparkan, “Jauh dari patuh atau terikat dengan para penculik saya, bagaimanapun, saya adalah tahanan dari neraka. Sebenarnya, saya tidak yakin siapa yang paling senang melihat saya kembali dengan selamat ke Inggris: Taliban, atau saya.”

"Dia adalah wanita yang sangat buruk dengan mulut yang sangat buruk," ujar Mullah Abdul Salam Zaeef saat konferensi pers mengumumkan pembebasan saya dari penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)