Jepang Kembangkan Jet Tempur 'Tak Terkalahkan', Gabungkan Kemampuan F-35 dan F-22 Raptor

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 08:44 WIB
loading...
A A A
Surat kabar Jepang, Yomiuri Shimbun, melaporkan bahwa Washington juga bersedia untuk mengungkapkan sejumlah rahasia termasuk kode sumber untuk mendorong kolaborasi pada program F-3 Jepang.

Program FX

F-3 atau FX generasi berikutnya akan menjadi pesawat tempur bermesin ganda yang mampu memasang enam senjata internal. Pesawat itu akan melengkapi jet tempur siluman F-35 yang lebih ringan.

F-3 ditujukan untuk menjembatani kesenjangan antara China dan Rusia yang telah mengembangkan dan mengerahkan jet tempur canggih di kawasan. F-3 juga diharapkan untuk menggantikan F-2 dan F-15J yang sudah tua.

Pada tanggal 30 Oktober tahun lalu, Tokyo telah mengumumkan program FX generasi keenam sebagai salah satu area prioritas tinggi yang membutuhkan perhatian segera oleh PM Yoshihide Suga yang baru diangkat dan kabinetnya.

Pada bulan Desember 2020, Nikkei Asia menerbitkan rincian program ambisius Jepang senilai USD48 miliar untuk mengembangkan jet tempur siluman FX, untuk tetap bersaing dengan AS, China, dan Eropa.

Produksinya akan dimulai pada tahun 2031 dan penyebarannya pada tahun 2035. FX akan dilengkapi dengan radar canggih dan akan memiliki kontrol drone jarak jauh dan kemampuan perang elektromagnetik bersama dengan pelindung panas dan rudal udara ke udara.

Salah satu alasan di balik program FX atau F-3 adalah kebutuhan akan pesawat yang dapat membawa lebih banyak senjata daripada yang dapat dilakukan oleh F-35 Jepang mengingat China dan Rusia sudah unggul dalam aspek ini.

Pesawat tempur siluman Su-57 Rusia dan J-20 China dapat memuat 6 rudal di ruang internal mereka. Demikian pula, F-22 Raptor AS, produk Lockheed Martin lainnya, dapat membawa delapan rudal.

Menurut National Interest, Lockheed Martin telah mengusulkan untuk bersama-sama mengembangkan desain F-3 dengan industri Jepang yang menggabungkan badan pesawat tempur siluman F-22 dengan sensor dan elektronik F-35.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)