Jepang Kembangkan Jet Tempur 'Tak Terkalahkan', Gabungkan Kemampuan F-35 dan F-22 Raptor

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 08:44 WIB
loading...
Jepang Kembangkan Jet Tempur Tak Terkalahkan, Gabungkan Kemampuan F-35 dan F-22 Raptor
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/EurAsian Times via Twitter
A A A
TOKYO - Jepang sedang mempercepat program pengembangan jet tempur F-3 atau FX generasi berikutnya, yang diklaim akan menjadi pesawat tempur tak terkalahkan. Pesawat tersebut diklaim sedang dirancang dengan menggabungkan jet tempur siluman F-35 Lightning II dan jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (AS).

Negara Asia Timur ini adalah salah satu pembeli terbesar jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin. Namun, jet tempur yang dibanggakan Washington sebagai pesawat tempur “paling canggih” di dunia itu memiliki kekurangan besar, sehingga mendorong Tokyo untuk mempercepat program F-3.



Alasan lainnya adalah karena Jepang menghadapi ancaman yang berkembang dari China.

Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF) telah secara ketat menegakkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), mencegat pesawat-pesawat China yang melanggar wilayah udaranya dalam beberapa waktu terakhir.

Juli lalu, AS telah menyetujui kesepakatan pembelian 105 unit jet tempur F-35 oleh Jepang, termasuk kombinasi F-35A dan F-35B. Kesepakatan senilai USD23 miliar itu akan menjadikan Jepang sebagai pelanggan asing terbesar F-35 dan operator terbesar kedua—147 unit jet siluman—setelah AS.

Angkatan Udara AS adalah pelanggan terbesar F-35 Lockheed Martin, terhitung 70 persen dari total 2.443 unit pesawat.

Program F-35 juga merupakan sistem senjata paling mahal dalam sejarah militer AS. Jepang, bagaimanapun, prihatin dengan beberapa keterbatasan F-35 dalam hal kapasitas angkut senjatanya.

Menurut Lockheed Martin, F-35 generasi kelima adalah jet tempur siluman yang sangat rendah yang dapat dideteksi, sensor canggih, fusi informasi, dan konektivitas jaringan yang semuanya dikemas dalam pesawat tempur supersonik, jarak jauh, dan sangat bermanuver.

Laporan menunjukkan bahwa mungkin ada 450 unit F-35 Joint Strike Fighters dengan AS dan sekutu NATO-nya di Eropa pada tahun 2030. Secara global, 600 unit F-35 beroperasi dari sekitar 30 lokasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)