AS Mengaku Tidak Bisa Berbuat Banyak untuk Cegah Taliban Rebut Afghanistan

Rabu, 11 Agustus 2021 - 21:14 WIB
loading...
AS Mengaku Tidak Bisa Berbuat Banyak untuk Cegah Taliban Rebut Afghanistan
Amerika Serikat (AS) mengaku tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah Taliban merebut kembali Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengaku "tidak banyak" yang bisa dilakukan untuk mencegah Taliban merebut kembali Afghanistan. Pejabat senior Pentagon mengatakan, nasib bangsa ada di tangan warga Afghanistan.

Ketika ditanya apakah Washington akan terus memberikan dukungan kepada pasukan pemerintah Afghanistan yang melawan kemajuan cepat Taliban, juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan bahwa ini adalah perjuangan mereka.

Kirby, seperti dilansir Arab News pada Rabu (11/8/2021),mengatakan bahwa dia “sangat prihatin” bahwa Taliban semakin dominan. Tetapi menegaskan kembali bahwa Joe Biden telah berkomitmen untuk mengakhiri kehadiran militer AS sesuai jadwal.

Dia mengatakan, AS akan mempromosikan penggunaan saluran diplomatik untuk mengakhiri pertempuran. Washington, jelasnya. telah mengirim utusan Zalmay Khalilzad ke Qatar, di mana Taliban memiliki kantor utamanya untuk menekan Taliban guna merundingkan penyelesaian politik.

Tetapi, tentang penggunaan kekuatan militer untuk mendukung pasukan pemerintah Afghanistan, Kirby mengatakan bahwa AS tidak lagi turut campur secara militer.

“Ini adalah kekuatan militer mereka, ini adalah ibu kota provinsi mereka, rakyat mereka untuk dipertahankan dan itu benar-benar akan tergantung pada pemimpin mereka, apa yang ingin mereka tunjukan,” ucapnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)