Kapal Induk Nuklir AS Jalani Tes Kejut dengan Bom 40.000 Pon untuk Ke-3 Kalinya

Selasa, 10 Agustus 2021 - 08:04 WIB
loading...
Kapal Induk Nuklir AS Jalani Tes Kejut dengan Bom 40.000 Pon untuk Ke-3 Kalinya
Kapal induk bertenaga nuklir terbaru AS, USS Gerald R Ford, menjalani tes kejut dengan bom 40.000 pon diledakkan di dekatnya di lepas pantai Jacksonville, Minggu (8/8/2021). Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Kapal induk bertenaga nuklir terbaru Amerika Serikat (AS), USS Gerald R. Ford, menjalani tes kejut dengan bom 40.000 pon yang diledakkan di dekatnya di lepas pantai Jacksonville. Tes kejut ini dilakukan pada hari Minggu dan merupakan yang ketiga kalinya.

Saat bom besar diledakkan, gumpalan besar air laut terbang lebih tinggi dari tiang kapal induk setinggi 250 kaki. Ledakan itu meledakkan lingkaran gelombang tertutup putih yang secara singkat menyamai panjang leviathan 1.092 kaki.



Ketika gelombang kejut dan gemuruh ledakan bawah air yang direncanakan mereda, Angkatan Laut Amerika mengatakan kapal induk bertenaga nuklir USS Gerald R. Ford telah menyelesaikan ledakan ketiga dan terakhir dalam Full Ship Shock Trials [Uji Coba Kejut Kapal Penuh].

“Angkatan Laut merancang kapal induk kelas Ford menggunakan metode pemodelan komputer canggih, pengujian, dan analisis untuk memastikan kapal dikeraskan untuk menahan kondisi pertempuran yang keras,” kata Kapten Brian Metcalf, manajer program kapal induk masa depan Angkatan Laut Amerika.

"Uji coba kejut ini telah menguji ketahanan Ford dan krunya dan memberikan data ekstensif yang digunakan dalam proses memvalidasi kekerasan kejut kapal," ujarnya, seperti dikutip Jacksonville.com, Selasa (10/8/2021).

Ford adalah kapal induk terbaru di Angkatan Laut AS, mewakili desain ulang besar pertama sejak 1960-an. Ditugaskan empat tahun lalu, kata Angkatan Laut, kapal induk ini pada akhirnya akan menjadi rumah bagi sekitar 4.500 awak dan 75 pesawat dan mampu melaju 30 knot-plus dari reaktor nuklir gandanya.

Kapal ini dibangun untuk menghormati Presiden ke-38 Amerika Serikat.

Uji coba kejut dirancang untuk memvalidasi kemampuan kapal untuk mempertahankan operasi di lingkungan pertempuran simulasi menggunakan persenjataan hidup. Selama evolusi pengujian empat bulannya, Ford bertahan dari dampak tiga ledakan bom bawah air seberat 40.000 pon yang dilepaskan pada jarak yang semakin dekat ke kapal.

Menurut Metcalf, tujuan dari tes ini juga untuk memastikan bahwa sistem tempur kapal induk akan bekerja seperti yang dirancang dalam pertempuran. "Tes yang dilakukan hari Minggu dan sebelumnya membuktikan kepada kru, cukup dramatis bahwa kapal akan mampu bertahan dari guncangan hebat dan terus beroperasi dalam kondisi ekstrem," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)