Netanyahu Sebut Aneksasi Tepi Barat Sebagai Peluang Bersejarah

Jum'at, 29 Mei 2020 - 00:37 WIB
loading...
A A A
Sebaliknya, ia mengatakan bahwa orang-orang Palestina akan hidup dalam komunitas terpencil yang diperintah oleh Otoritas Palestina akan dikelilingi oleh wilayah Israel.

Untuk diketahui, ketika Israel memiliki wilayah yang dicaplok secara sepihak sebelumnya - yaitu Yerusalem Timur yang diduduki dan Dataran Tinggi Golan Suriah - Israel telah menawarkan kewarganegaraan kepada penduduk di sana. Namun, hanya sebagian kecil yang mengambil kewarganegaraan Israel selama beberapa dekade.

Rencana Israel untuk mencaplok wilayah Tepi Barat - termasuk Lembah Yordan - mendapat dukungan dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, meskipun telah mendesaknya dilakukan bersamaan dengan pembicaraan dengan Palestina mengenai negara Palestina yang merdeka.

Lembah Jordan di Tepi Barat kaya akan mineral dan tanah pertanian serta merupakan daerah yang sangat strategis, karena terletak di sepanjang perbatasan Yordania.

Sejak Perang Dunia II, hanya ada tiga kasus aneksasi di seluruh dunia: invasi Irak ke Kuwait pada tahun 1990; Pencaplokan Crimea Ukraina pada tahun 2014 oleh Rusia; dan Israel merebut wilayah Arab, termasuk Dataran Tinggi Golan Suriah dan Pertanian Shebaa Libanon, sejak 1967.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)