Taliban Tutup Perbatasan dengan Pakistan, Serukan Perjalanan Bebas Visa

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 22:50 WIB
loading...
Taliban Tutup Perbatasan dengan Pakistan, Serukan Perjalanan Bebas Visa
Taliban tutup perbatasan dengan Pakistan, menyerukan perjalanan bebas visa bagi warga Afghanistan. Foto/Dawn
A A A
KABUL - Taliban menutup perbatasan penting dengan Pakistan pada Jumat (6/8/2021), dengan mengatakan tidak seorang pun akan diizinkan lewat sampai Islamabad mencabut atau melonggarkan persyaratan visanya untuk warga Afghanistan .

Taliban, yang merebut kendali Afghanistan setelah penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan asing lainnya, bulan lalu merebut perbatasan tenggara Chaman-Spin Boldak dari pasukan Afghanistan.

Pakistan awalnya menutup sisi perlintasannya, titik masuk tersibuk kedua Afghanistan yang terkurung daratan dan arteri komersial utama ke laut, sebelum membukanya kembali pekan lalu.

Namun sejak Taliban menguasai Chaman-Spin Boldak, pejabat perbatasan Pakistan di sana mulai memberlakukan persyaratan visa bagi warga Afghanistan yang sebelumnya tidak begitu diperhatikan.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Taliban meminta Pakistan untuk membatalkan semua persyaratan visa untuk warga Afghanistan.



"(Persimpangan) akan tetap ditutup untuk semua jenis perjalanan, termasuk transit dan perdagangan, untuk kedua sisi, dan pejalan kaki, sampai sisi Pakistan meninggalkan gerbang terbuka, pagi hingga malam, untuk orang Afghanistan yang memegang kartu migrasi (yang dikeluarkan Pakistan) atau kartu identitas (Afghanistan)," kata gubernur bayangan kelompok pemberontak untuk provinsi Kandahar dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepemimpinan kelompok itu telah mendukung langkah tersebut, dan pada hari Jumat perbatasan telah ditutup.

Sejak pasukan asing pimpinan AS mulai meninggalkan Afghanistan awal tahun ini, pertempuran antara pasukan Taliban dan Afghanistan telah meningkat secara signifikan. Dalam beberapa pekan terakhir, Taliban telah maju pesat di Ibu Kota provinsi dan menargetkan pejabat tinggi pemerintah di Kabul.

Pemberontak Islam garis keras itu juga telah menguasai beberapa penyeberangan perbatasan, termasuk dengan Iran dan negara-negara Asia Tengah. Namun penyeberangan dengan Pakistan memberikan pendapatan bea cukai yang signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)