Bukti Ungkap Pangkalan Militer Rahasia India di Pulau Mauritius

Rabu, 04 Agustus 2021 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Pada Mei 2021, selama sidang di parlemen, Perdana Menteri (PM) Mauritius Pravind Jugnauth dengan tegas membantah pembangunan itu untuk tujuan militer.

“Izinkan saya mengulangi, dengan sangat tegas dan tegas, bahwa tidak ada kesepakatan antara Mauritius dan India untuk mendirikan pangkalan militer di Agalega,” ujar dia.

Menurut kalkulasi Bashfield, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar.

“Tidak ada alasan nyata mengapa pulau ini akan dikembangkan selain untuk keperluan militer,” papar Bashfield.

“Tujuan dari fasilitas tersebut adalah memungkinkan militer India, dan juga penjaga pantai Mauritius memiliki akses dan dapat beroperasi di luar area ini. Jadi, sementara pemerintah Mauritius benar bahwa itu akan memberikan jaringan yang lebih baik, itu jelas bukan alasan untuk proyek tersebut,” ungkap Bashfield.

Mishra berpikir ada alasan penolakan India terhadap tujuan sebenarnya dari proyek tersebut.

“Dari sudut pandang India, kami tidak dapat dilihat sebagai seseorang yang mendukung militerisasi wilayah kami,” papar Mishra.

“Kami khawatir China telah memiliki pangkalan luar negeri pertamanya pada 2017 di Djibouti, bagi kami kemudian untuk pergi dan melakukan hal yang sama akan menjadi munafik. Jadi paling banyak yang bisa kami katakan adalah pangkalan ini, pasti akan memiliki beberapa elemen militer, tetapi sebagian besar akan digunakan untuk pergantian operasional,” ujar dia.

Melawan China

Melawan ekspansi China di Samudra Hindia tampaknya menjadi tujuan utama India untuk fasilitas tersebut, karena ingin memberikan penyeimbang bagi kekuatan China yang meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)