Taliban Dituduh Bantai 40 Warga Sipil Afghanistan sebagai Balas Dendam

Selasa, 03 Agustus 2021 - 07:36 WIB
loading...
A A A
Militan Taliban telah merebut puluhan distrik dan daerah perbatasan ketika pasukan pemerintah mengatakan mereka memfokuskan upaya mereka di daerah yang lebih padat penduduknya.

Provinsi Helmand adalah salah satu titik fokus utama dari memudarnya kampanye militer AS dan Inggris di Afghanistan.

"Pasukan Afghanistan di darat dan dengan serangan udara menangkis serangan itu," kata militer Afghanistan di Helmand tentang serangan Taliban di Lashkar Gah.

Helmand, dengan ladang opiumnya yang luas, menyediakan sebagian besar opium untuk perdagangan heroin internasional—menjadikannya sumber pajak dan uang yang menggiurkan untuk peti perang Taliban.

Hilangnya ibu kota Helmand juga akan menjadi pukulan strategis dan psikologis besar-besaran bagi pemerintah Kabul, yang telah kehilangan sebagian besar pedesaan pedesaan karena Taliban selama musim panas.

Pertempuran juga berkecamuk di Herat, di mana juru bicara gubernur provinsi setempat, Jailani Farhad, mengatakan kepada RFE/RL bahwa operasi darat dan serangan udara terus berlanjut terhadap para militan.

Farhad mengatakan gerilyawan Taliban menderita banyak korban selama operasi, di mana ratusan pasukan komando Afghanistan ikut bergabung dalam operasi tersebut.

"Sebagai akibat dari operasi pembersihan oleh pasukan gabungan Afghanistan, 100 gerilyawan Taliban tewas dan beberapa lainnya terluka," kata Farhad.

Aref Jalali, dokter kepala Rumah Sakit Pusat Herat, mengatakan 19 jasad, termasuk empat warga sipil, dan 78 korban luka, termasuk 48 warga sipil, telah dipindahkan ke rumah sakit pada 1 Agustus.

Pertempuran hebat juga dilaporkan terjadi di beberapa distrik Kandahar dan di pinggiran ibu kota provinsi, Kota Kandahar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)