Korsel Mengaku Belum Capai Kesepakatan Soal Latgab dengan AS

Selasa, 03 Agustus 2021 - 06:19 WIB
loading...
Korsel Mengaku Belum Capai Kesepakatan Soal Latgab dengan AS
Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Seoul dan Washington sedang dalam pembicaraan mengenai pelaksanaan latihan gabungan. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Seoul dan Washington sedang dalam pembicaraan mengenai pelaksanaan latihan gabungan. Namun, Seoul mengatakan belum ada keputusan yang dibuat terkait latihan gabungan dengan Amerika Serikat (AS) itu.

Pernyataan Korsel datang sehari setelah Kim Yo Jong, adik dari pemimpin Korut, Kim Jong-un, memperingatkan Korsel untuk tidak melakukan latihan gabungan dengan AS. Yo Jong menyebut hal ini akan merusak tekad kedua Korea untuk membangun kembali hubungan.

"Pemerintah dan militer kami akan terus mengawasi apakah Korsel melanjutkan latihan perang yang agresif, atau membuat keputusan besar. Harapan atau keputusasaan? Itu bukan terserah kami," kata Yo Jong.
Kementerian Pertahanan Korsel menuturkan, mereka tidak bisa mengomentari pernyataan Yo Jong. Namun, kementerian itu memastikan bahwa sampai saat ini belum ada keputusan yang dibuat soal latihan gabungan itu.

"Kami tidak bisa mengomentari pernyataannya, tetapi mengenai latihan, waktu dan metodenya belum final," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Boo Seung-chan, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (3/8/2021).

Sementara itu, Lee Jong-joo, juru bicara Kementerian Unifikasi, yang menangani urusan antar-Korea, mengatakan latihan itu tidak boleh menjadi sumber ketegangan militer dalam hal apapun, tanpa menjelaskan lebih lanjut.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)