Cerita Dubes Busyra Bantu Pulangkan ABK Indonesia di Djibouti

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:45 WIB
loading...
Cerita Dubes Busyra Bantu Pulangkan ABK Indonesia di Djibouti
Duta Besar Indonesia di Ethiopia, Al Busyra Basnur menceritakan proses pemulangan anak buah kapal (ABK) Indonesia dari Djibouti. Foto/KBRI Addis Ababa
A A A
ADDIS ABABA - Duta Besar Indonesia di Ethiopia , Al Busyra Basnur menceritakan proses pemulangan anak buah kapal (ABK) Indonesia dari Djibouti. Djibouti adalah sebuah negara berukuran kecil dengan jumlah pendudukan hanya sekitar satu juta jiwa saja, yang masuk dalam wilayah kerja Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Addis Ababa.

Al Busyra menuturkan pada awal Juni, KBRI Addis Ababa menerima laporan tentang adanya 10 ABK asal Indonesia yang bekerja di sebuah kapal penangkap ikan yang beroperasi di perairan Somalia dan sekitarnya.

Kapal tersebut, jelasnya dimiliki oleh perusahaan Somalia, dengan pemilik antara lain warga negara Denmark dan Amerika Serikat (AS)yang berasal dari Somalia. ABK Indonesia tersebut bekerja di kapal itu sejak bulan April 2021.

Dia menuturkan para ABK tidak mau lagi bekerja di kapal itu dan ingin segera pulang ke Indonesia. Menurutnya, ada tiga hal yang menyebabkan mereka tidak mau lagi bekerja di kapal penangkap ikan itu.

“Pertama, tidak sesuai dengan kontrak yang mereka tandatangani di Indonesia sebelum berangkat dan menuju kapal ikan tempat mereka bekerja. Kedua, tidak merasa nyaman bekerja di kapal karena terdapat orang-orang bersenjata selama mereka menangkap ikan di laut,” ucapnya.

Hal ketiga, kondisi dan perlengkapan kapal tidak layak, dan aman untuk beroperasi dengan baik untuk menangkap ikan di laut.

“Singkatnya, saya dan staff terbang ke Djibouti, dan bertemu dengan otoritas terkait, pemerintah setempat dan juga pemilik kapal. Dari pembicaraan yang panjang lebar dan lumayan alot dengan pemilik kapal, akhirnya, alhamdulillah, ABK Indonesia bisa pulang ke Indonesia dengan baik, aman, dan selamat,” ujar Al Busyra.

“ABK Indonesia mendapatkan semua haknya dan tiket pulang ke Indonesia juga dibayarkan oleh pihak perusahaan,” sambungnya.

Selama berada di atas kapal, di pelabuhan Djibouti, jelas Al Busyra, ABK Indonesia menerima bantuan makanan kebutuhan lain yang diperlukan dari KBRI Addis Ababa.

Para ABK tersebut dipulangkan dalam dua kloter, yakni kloter pertama pada awal Juni dan kloter kedua pada akhir Juni lalu.

Al Busyra kemudian menitipkan pesan kepada warga Indonesia yang hendak bekerja di kapal asing, khususnya kapal penangkap ikan.

“Catatan dan pesan saya agar para sahabat di Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri, khususnya di kapal-kapal asing penangkap ikan agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Ini bertujuan agar para ABK Indonesia dapat bekerja dengan baik dan tenang di perusahaan, dan kapal yang benar, sesuai dengan keinginan serta isi kontrak yang ditandatangani,” tukasnya.


ReplyForward
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)