Tragis, Osama Bin Laden Ditemukan Gara-gara Pakaian Kering

Minggu, 01 Agustus 2021 - 11:59 WIB
loading...
Tragis, Osama Bin Laden Ditemukan Gara-gara Pakaian Kering
Tempat persembunyian Osama bin Laden terbongkar karena pakain kering. Foto/History
A A A
WASHINGTON - Osama bin Laden sempat menjadi sosok yang paling dicari oleh Amerika Serikat (AS). Selama satu dekade, namamendiang pemimpin kelompok teroris al-Qaeda itu menjadi momok bagi AS yang meluncurkan operasi ke sejumlah negara untuk memburunya.

Namun pada Mei 2011, di masa pemerintahan Presiden Barack Obama, pria kelahiran Arab Saudi itu tewas dibunuh oleh militer AS di tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan.

Lalu bagaimana tempat persembunyian sosok yang dikenal licin itu bisa ketahuan dan kemudian berujung pada akhir hidupnya yang tragis? Jawabannya adalah binatu.

Hal itu terungkap dari sebuah buku yang ditulis oleh seorang analis keamanan nasional dan mantan produser CNN, Peter Bergen. Dalam buku berjudul 'The Rise and Fall of Osama bin Laden', Bergen mengungkapkan bahwa jemuran yang diisi dengan pakaian di kompleks rahasia Osama bin Laden di Pakistan yang membantu CIA mendeteksi teroris global yang terkenal itu dan melakukan operasi untuk membunuhnya.



Dikenal berpoligami, pada saat Osama memerintahkan serangan 11 September , dia diketahui mempunyai tiga istri: Khairiah Sabar (52), Siham al-Sharif (44), dan Amal el-Sadah (17).

“Untuk menjadi seorang Muslim sejati, Osama bin Laden percaya, Anda seharusnya hanya menikahi empat istri yang dibenarkan oleh Islam dan kemudian memperlakukan mereka berempat dengan adil,” tulis Bergen dalam buku tersebut, dikutip Sputnik dari New York Post, Minggu (1/8/2021).

Setelah serangan 11 September, keluarga itu berpencar, sementara Osama bin Laden bersembunyi di pegunungan Afghanistan dan di Pakistan utara.

Dia dilaporkan bertekad untuk menyatukan kembali keluarganya, itulah sebabnya, menurut buku itu, dia memerintahkan pengawalnya, Ibrahim Saeed Ahmed abd al-Hamid, untuk membeli tanah, menyewa seorang arsitek, dan membuat kompleks khusus di Abbottabad, Pakistan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)