Mengurai Pertemanan Dekat Jamal Khashoggi dengan Osama bin Laden

Rabu, 23 Juni 2021 - 01:30 WIB
loading...
Mengurai Pertemanan Dekat Jamal Khashoggi dengan Osama bin Laden
Kliping koran menampilkan jurnalis Jamal Khashoggi memenang peluncur roket RBG bersama para milisi Afghanistan saat perang dengan Uni Soviet di masa silam. Foto/The Arab Weekly
A A A
WASHINGTON - Jurnalis pembangkang Arab Saudi yang dibunuh dan dimutilasi, Jamal Khashoggi , ternyata teman dekat almarhum pendiri al-Qaeda, Osama bin Laden .

Bahkan, Khashoggi menangis ketika pendiri organisasi teroris itu tewas diserbu pasukan khusus Amerika Serikat (AS).



"Saya baru saja hancur menangisimu, Abu Abdullah," bunyi tweet Khashoggi beberapa jam setelah Osama bin Laden dipastikan tewas pada Mei 2011.

"Anda itu cakap, berani di hari-hari indah di Afghanistan sebelum Anda menyerah pada kemarahan dan gairah," lanjut tweet berbahasa Arab yang ditulis Khashoggi.

Mantan kolumnis Washington Post itu dibunuh dan dimutilasi oleh tim algojo Arab Saudi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018.

Serangkaian rekaman wawancara antara Khashoggi dan sesama jurnalis, Laurence Wight, pada tahun 2005 telah diputar untuk pertama kalinya di podcast Yahoo News; "Conspiracyland". Rekaman itu mengungkap perluasan hubungan jurnalis yang dibunuh dengan Osama bin Laden.

Khashoggi pertama kali menjadi berita utama sebagai jurnalis muda ketika dia diundang oleh Osama bin Laden untuk meliput perang antara Uni Soviet dan Afghanistan.

Judulnya di media Arab Saudi, Arab News, pada tanggal 4 Mei 1988, berbunyi "Pemuda Arab berjuang bahu-membahu dengan Mujahiddin".

Karya jurnalistik tersebut memuji Osama bin Laden, mengidentifikasi dia dengan Abu Abdullah, dan memuji orang-orang Arab yang telah bergabung dalam perang melawan Uni Soviet di Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)