Cekik dan Pukuli Tersangka dengan Pistol, Dua Polisi Colorado Ditahan

Kamis, 29 Juli 2021 - 05:29 WIB
loading...
Cekik dan Pukuli Tersangka dengan Pistol, Dua Polisi Colorado Ditahan
Rekaman dari kamera badan petugas polisi menunjukkan seorang tersangka dicekik dan dipukuli dengan pistol oleh polisi di Aurora, Colorado, 23 Juli 2021. Foto/Aurora Police Department
A A A
COLORADO - Dua petugas polisi di Colorado ditangkap dan didakwa setelah memukuli tersangka hingga berdarah saat merespon telepon yang melaporkan ada pria masuk properti tanpa izin.

Rekaman video yang terpasang di badan petugas polisi itu menunjukkan polisi memukulkan pistol lebih dari selusin kali pada tersangka yang tak bersenjata.

Kepala polisi setempat menyebut tindakan kedua polisi itu "kriminal." Dua petugas polisi itu John Haubert dan Francine Martinez dari Departemen Kepolisian Aurora, ditangkap pada Selasa (27/7).



“Kedua polisi didakwa dengan serangkaian pelanggaran pada 23 Juli saat menghadapi tersangka penyusup,” ungkap pernyataan pemerintah kota.



Kepala Kepolisian Aurora Vanessa Wilson memutar rekaman bodycam dari insiden tersebut selama konferensi pers pada Selasa. Dia memperingatkan video itu "sangat mengganggu" dan akan "mengguncang hati nurani."



“Apa yang akan Anda lihat akan membuat Anda marah, dan bahkan mungkin membuat Anda menangis. Saya tahu ketika saya menontonnya, saya merasa diri saya berlinang air mata dan juga marah,” ujar dia.

Dia menambahkan, “Kami merasa jijik. Kami marah. Ini bukan pekerjaan polisi. Kami tidak melatih ini, itu tidak dapat diterima.”

Petugas polisi Haubert yang memukul tersangka Kyle Vinson di kepala dan wajah dengan pistol "sekitar 13 kali” menurut Wilson menghadapi beberapa dakwaan termasuk ancaman kejahatan, serangan tingkat dua, percobaan serangan tingkat pertama, pelanggaran resmi dan penindasan resmi.

Martinez didakwa karena gagal menghentikan penggunaan kekuatan yang berlebihan atau melaporkannya kepada atasannya.

“Keduanya telah diproses di luar tahanan dan sekarang sedang cuti, adapun Martinez akan terus mendapat gaji untuk sementara,” papar kepala polisi.

Vinson, 29, dirawat di rumah sakit dengan luka memar dan membutuhkan jahitan setelah serangan polisi itu.

Dia terdengar berulang kali memohon kepada petugas polisi untuk tidak membunuhnya dalam rekaman itu, yang menurut Wilson menunjukkan "tindakan yang sangat tercela" oleh petugas yang menanggapi.

Kepala polisi mengatakan departemennya menerima panggilan telepon bahwa seseorang masuk properti tanpa izin sekitar pukul 1 siang pada 23 Juli.

Ketika Haubert dan Martinez tiba di tempat kejadian, mereka melihat tiga pria duduk di tanah dekat sepeda mereka.

Meskipun Wilson mencatat bahwa mereka awalnya "kooperatif" petugas menyebutkan nama mereka dan menemukan ketiga pria itu memiliki surat perintah penangkapan yang luar biasa.

Ketika mereka mencoba menangkap satu tersangka, dia dan pria lain melarikan diri sementara Vinson tetap duduk, lalu petugas dengan cepat menjepitnya ke tanah dan memerintahkannya tengkurap.

Perkelahian berikutnya terekam dalam rekaman bodycam, saat Vinson berulang kali dipukul Haubert, yang juga terlihat mencekiknya dengan satu tangan selama sekitar 40 detik.

Petugas terdengar mengancam akan menembak Vinson beberapa kali.

Dokumen pengadilan yang diperoleh Associated Press menunjukkan Vinson diburu setelah dia gagal menyerahkan sampel urin, berhenti menghadiri konseling kekerasan dalam rumah tangga yang diperintahkan pengadilan dan gagal muncul untuk melapor saat masa percobaan terkait pelanggaran sebelumnya. Wilson mencatat bahwa pria itu kemungkinan tidak tahu tentang surat perintah itu.

Bersikeras pada "hak untuk tahu" publik dan perlunya "transparansi", Wilson mengatakan departemen kepolisian sedang melakukan penyelidikan internal "dipercepat" berkoordinasi dengan jaksa setempat.

Dia berharap langkah itu akan membawa "semacam penutupan" untuk kasus ini. Dia meminta warga tetap tenang dalam “kedamaian” dan menyerahkan pada proses hukum.

“Semarah apapun kalian, saya butuh kedamaian di kota ini. Saya membutuhkan kedamaian dari anggota masyarakat,” ujar dia.

Dia menambahkan, “Bagian pertama dari keadilan telah ditegakkan dengan para petugas ditangkap.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)