Austin: AS Tak Ingin Berkonflik dengan China Tapi Tak Gentar Jika Terancam

Rabu, 28 Juli 2021 - 07:25 WIB
loading...
A A A
Ketegangan saat ini disorot sehari sebelumnya dalam perang kata-kata antara diplomat senior kedua negara selama pembicaraan di Tianjin, China.

Delegasi AS yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan pejabat lainnya.

Departemen Luar Negeri AS menyebut pertemuan itu "terus terang dan terbuka" - kode diplomatik untuk pertempuran kecil - serta melukis Beijing sebagai outlier internasional yang merusak norma-norma internasional.

Sedangkan Beijing, yang menggambarkan pembicaraan itu sebagai "mendalam dan jujur", menanggapi dengan banyak kecaman, dengan para pejabat China menyatakan ketidakpuasan yang kuat atas kebijakan China yang sangat berbahaya bagi Washington dan menuduhnya munafik terhadap hak asasi manusia.

Bagian dari kebijakan AS itu terus menantang klaim teritorial China di Laut China Selatan dengan apa yang disebut operasi Kebebasan Navigasi, di mana kapal perang AS bergerak melalui perairan yang diperebutkan yang diklaim oleh China. Angkatan Laut AS juga melakukan latihan rutin di Laut China Selatan.

China mengatakan kehadiran Angkatan Laut AS di kawasan itu membuat ketidakstabilan dan dalam kasus operasi Kebebasan Navigasi, menginjak-injak kedaulatan China.



Washington melihat operasi itu sebagai menunjukkan komitmennya terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dan penting untuk mendukung sekutu dan mitra AS di seluruh kawasan.

Austin mendorong kemitraan tersebut dalam pidato hari Selasa.

"Jaringan aliansi dan persahabatan kami adalah aset strategis yang tak tertandingi," ucap Austin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)