Beijing Sebut AS Jadikan China sebagai 'Musuh Imajiner'

Senin, 26 Juli 2021 - 15:34 WIB
loading...
Beijing Sebut AS Jadikan China sebagai Musuh Imajiner
China menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas dalam hubungan dua arah, menuduhnya menciptakan musuh imajiner. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas dalam hubungan dua arah, menuduhnya menciptakan "musuh imajiner".Hal itu disampaikan pejabat China saat bertemu Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman.

Sherman, tiba di China kemarin untuk pembicaraan tatap muka yang jarang terjadi di kota Tianjin, di tengah memburuknya hubungan antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia.

Wakil Menteri Luar Negeri China, Xie Feng dalam pertemuan dengan Sherman mengatakan bahwa hubungan China dan AS menghadapi masalah yang sangat serius. Di mana, Xie menyebut, masalah itu diciptakan oleh AS.

"Hubungan AS-China terhenti dan menghadapi kesulitan serius. AS ingin menyalakan kembali rasa tujuan nasional dengan menetapkan China sebagai 'musuh imajiner'," ucap Xie, seperti dilansir Reuters pada Senin (26/7/2021).

Pertemuan antara Xie dan Sherman adalah pertemuan tingkat tinggi pertama sejak pertemuan terakhir Anchorage pada Maret lalu. Pertemuan di Anchorage adalah pertemuan China dan AS dibawah kepemimpinan Joe Biden.

Pada pertemuan Alaska, pejabat China, termasuk Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mencerca AS, Sementara pejabat AS menuduh pihak China sombong.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)