Setelah Afghanistan, Pasukan Tempur AS Akan Tinggalkan Irak

Selasa, 27 Juli 2021 - 19:09 WIB
loading...
Setelah Afghanistan, Pasukan Tempur AS Akan Tinggalkan Irak
Setelah Afghanistan, pasukan AS juga akan meninggalkan Irak pada akhir tahun. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden akan mengakhiri misi tempurpasukan Amerika Serikat (AS) di Irak pada akhir tahun ini. Meski begitu, mereka akan terus melatih dan memberi nasihat kepada militer Irak.

Pengumuman itu muncul setelah Biden mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri (PM) Irak Mustafa al-Kadhimi di Gedung Putih.

Saat ini ada 2.500 tentara AS di Irak membantu pasukan lokal melawan sisa-sisa kelompok ISIS. Jumlah pasukan AS kemungkinan akan tetap sama tetapi langkah itu dilihat sebagai upaya untuk membantu PM Irak.

Bagi Presiden AS, pengumuman itu menandai berakhirnya perang lain yang dimulai di bawah mantan Presiden George W Bush. Tahun ini dia mengatakan pasukan AS akan meninggalkan Afghanistan .



"Kerja sama kontra-terorisme kami akan berlanjut bahkan saat kami beralih ke fase baru ini," kata Biden kepada mitranya dari Irak di Gedung Putih.

"Hari ini hubungan kami lebih kuat dari sebelumnya. Kerja sama kami adalah untuk ekonomi, lingkungan, kesehatan, pendidikan, budaya dan banyak lagi," jawab Kadhimi seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Khadhimi bersikeras tidak ada pasukan tempur asing yang dibutuhkan di Irak.

Pasukan pimpinan AS menginvasi Irak pada tahun 2003 untuk menggulingkan Presiden Saddam Hussein dan menghilangkan senjata pemusnah massal yang ternyata tidak ada.

Kemudian Presiden George W Bush menjanjikan Irak yang bebas dan damai, tetapi pada kenyataannya diliputi oleh pemberontakan sektarian berdarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)