Dua Negara Bagian India Bentrok Maut, 7 Tewas Termasuk 6 Polisi

loading...
Dua Negara Bagian India Bentrok Maut, 7 Tewas Termasuk 6 Polisi
Bentrok mematikan antara dua negara bagian terjadi di India, Senin (26/7/2021). Foto/Tribune.com.pk
NEW DELHI - Bentrok mematikan terjadi antara dua negara bagian di India pada hari Senin. Sedikitnya tujuh orang, termasuk enam petugas polisi, tewas dan lebih dari 70 lainnya luka-luka.

Bentrok maut ini menjadi puncak dari sengketa wilayah selama berminggu-minggu di timur laut negara itu.

Baca juga: Rusia Bikin Versi Baru 'Pesawat Kiamat', Penyelamat Putin dari Perang Nuklir Habis-habisan

Ketegangan di perbatasan antara Negara Bagian Assam dan Negara Bagian Mizoram telah meningkat sejak bulan lalu, ketika polisi Assam diduga menguasai daerah perbukitan Lailapur, menuduh Mizoram melanggar batas wilayah tersebut.



Kekerasan tersebut menyoroti masalah perbatasan antar-negara bagian yang sudah berlangsung lama di wilayah tersebut, khususnya antara Assam dan negara-negara tetangga.

"Kami kehilangan enam polisi dan seorang warga sipil di sepanjang perbatasan Assam-Mizoram ketika penjahat dari Mizoram melepaskan tembakan," kata Ketua Menteri Assam Himanta Biswa Sarma kepada Reuters,Selasa (27/7/2021).

Sebagai tanggapan, Menteri Dalam Negeri Mizoram, Lalchamliana, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kekerasan hari Senin dimulai ketika polisi Assam merambah wilayahnya, menyebut korban di kedua belah pihak "disesalkan".

Kedua kepala negara bagian, Sarma dari Assam dan Zoramthanga dari Mizoram saling menyalahkan atas kekerasan tersebut. Keduanya, melalui Twitter, meminta Menteri Dalam Negeri India Amit Shah untuk campur tangan.

Baca juga: Rudal Buatan Iran Serang Israel, tapi Meleset dan Hantam Yordania
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top