3 Rudal Canggih Ini Membuat Rusia Unggul dalam Perlombaan Senjata Hipersonik

Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Dengan gudang senjata nuklir terbesar kedua di dunia dan sejumlah besar rudal balistik, Rusia telah memiliki lebih dari cukup kapasitas militer untuk menghalau musuh-musuhnya.

Chip Tawar-menawar

Jadi apa gunanya menghabiskan miliaran untuk senjata baru supercepat?

“Idenya tidak harus menggunakan senjata ini untuk apa pun...itu untuk menunjukkan bahwa senjata apa pun yang dapat dikembangkan orang lain, Anda akan memilikinya terlebih dahulu. Anda akan selalu menjadi yang terdepan,” kata Cameron Tracy, seorang peneliti di Pusat Keamanan dan Kerjasama Internasional Universitas Stanford.

Mereka juga memberi Putin chip lain untuk dimainkan di meja negosiasi mana pun dengan Washington mengenai kontrol senjata.

“Ini adalah strategi umum untuk mengembangkan sistem senjata baru dengan gagasan bahwa Anda tidak akan benar-benar menyebarkannya, tetapi Anda akan menukarnya dalam negosiasi,” kata Tracy.

Putin dan Presiden AS Joe Biden telah berbicara tentang pembaruan negosiasi tentang “stabilitas strategis” setelah Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari beberapa perjanjian pengendalian senjata dengan Rusia.

"Ini jelas merupakan fase pembukaan perlombaan senjata...Hanya masalah waktu sebelum kita melihat kekuatan yang lebih kecil berkembang (hipersonik) juga," kata Hans Kristensen, pakar senjata nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika.

"Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana ini akan terjadi," katanya.

“Untuk saat ini, ini adalah perlombaan yang berbahaya...jika dan ketika mereka menambahkan kemampuan nuklir ke rudal, itu akan menciptakan tantangan keamanan yang lebih berbahaya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)