Akhir Pekan, Wamenlu AS Sambangi China di Tengah Meningkatnya Ketegangan

Rabu, 21 Juli 2021 - 22:23 WIB
loading...
A A A
Kunjungan Sherman ke China mengikuti penurunan signifikan dalam hubungan AS-China yang sudah tegang parah hanya dalam dua minggu terakhir, dan ada pertanyaan tentang mengapa perjalanan itu tidak diumumkan pada saat yang sama dengan sisa perjalanannya ke wilayah tersebut.

Pekan lalu, AS mengeluarkan peringatan keras terpisah terhadap transaksi dengan entitas yang beroperasi di wilayah Xinjiang barat China, di mana China dituduh menindas Muslim Uighur dan minoritas lainnya. Pemerintah AS juga memberi tahu perusahaan-perusahaan Amerika tentang memburuknya lingkungan investasi dan komersial di Hong Kong, di mana China telah menindak kebebasan demokratis yang telah dijanjikan untuk dihormati di bekas jajahan Inggris itu.



Pada saat yang sama, pemerintah AS menegaskan kembali perubahan kebijakan era Trump yang menolak hampir semua klaim maritim signifikan China di Laut China Selatan dan mengingatkan Beijing bahwa setiap langkah militer terhadap Filipina di wilayah yang disengketakan akan memicu respons di bawah perjanjian pertahanan bersama AS-Filipina.

Hubungan AS-China juga diperburuk oleh meningkatnya ancaman China terhadap Taiwan dan kebijakannya di Tibet.

Isu-isu itu, semua terbawa dari pemerintahan Trump, muncul di atas ketegangan yang terus-menerus atas penanganan China terhadap pandemi virus Corona, yang berasal dari kota Wuhan, dan kekhawatiran tentang investasi predator China di negara berkembang dan upayanya untuk mendapatkan supremasi di sektor telekomunikasi teknologi tinggi global.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)