Akhir Pekan, Wamenlu AS Sambangi China di Tengah Meningkatnya Ketegangan

Rabu, 21 Juli 2021 - 22:23 WIB
loading...
Akhir Pekan, Wamenlu AS Sambangi China di Tengah Meningkatnya Ketegangan
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AS Wendy Sherman akan mengunjungi China akhir pekan ini di tengah meningkatnya ketegangan kedua negara. Foto/Foreign Policy
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Wendy Sherman akan melakukan perjalanan ke China akhir pekan ini. Kunjungan ini dilakukan ketika ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat di berbagai bidang.

Sherman akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan yang lainnya di kota timur laut Tianjin pada hari Minggu sebagai bagian dari perjalanannya saat ini ke Asia, yang juga membawanya ke Jepang, Korea Selatan (Korsel) dan Mongolia. Dia kemudian akan mengunjungi Oman.

Departemen Luar Negeri mengatakan pemerintah AS sedang "menjajaki peluang" untuk bertatap muka dengan pejabat China di tingkat senior.



“Diskusi ini adalah bagian dari upaya AS yang sedang berlangsung untuk mengadakan pertukaran terbuka dengan pejabat RRC untuk memajukan kepentingan dan nilai-nilai AS dan untuk mengelola hubungan secara bertanggung jawab,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan, merujuk pada Republik Rakyat China.

“Wakil Menteri akan membahas bidang-bidang di mana kami memiliki keprihatinan serius tentang tindakan RRC, serta bidang-bidang di mana kepentingan kami selaras,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari AP, Rabu (21/7/2021).

Para pejabat mengatakan agenda Sherman akan luas dan mencakup area perselisihan serta area konvergensi yang lebih kecil, seperti keinginan bersama untuk membawa Korea Utara (Korut) kembali ke meja perundingan untuk pembicaraan nuklir. Tetapi mereka membiarkan bahwa perbedaannya sangat besar dan mencolok serta kemungkinan akan menempati sebagian besar diskusi.

Sherman akan menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi China sejak Presiden Joe Biden menjabat, meskipun Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan bertemu Wang dan diplomat veteran China Yang Jiechi di Anchorage, Alaska, pada bulan Maret lalu. John Kerry, utusan iklim khusus pemerintahan Biden, juga melakukan perjalanan ke Shanghai untuk pertemuan dengan rekannya dari China pada bulan April lalu.



Pada hari Senin, pemerintah AS menuduh China berada di balik peretasan besar-besaran perangkat lunak server email Microsoft Exchange dan mendakwa empat warga negara China atas tuduhan mereka mencoba mencuri rahasia dagang, teknologi, dan penelitian penyakit AS. China menolak tuduhan peretasan dan menuntut agar Washington membatalkan tuduhan terhadap warganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)