Biden: Iran Terus Pasok Senjata untuk Hizbullah, Kedaulatan Lebanon Dirusak

Rabu, 21 Juli 2021 - 13:07 WIB
loading...
Biden: Iran Terus Pasok Senjata untuk Hizbullah, Kedaulatan Lebanon Dirusak
Para pendukung Hizbullah berpawai di Marjayoun, Lebanon, pada 7 Mei 2018. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Kedaulatan Lebanon terus dirusak karena berlanjutnya pengiriman senjata Iran ke Hizbullah. Kecaman itu diungkapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saat dia memperpanjang keadaan darurat nasional di Lebanon.

“Kegiatan tertentu yang sedang berlangsung, seperti transfer senjata Iran yang berkelanjutan ke Hizbullah, yang mencakup sistem senjata yang semakin canggih, berfungsi melemahkan kedaulatan Lebanon, berkontribusi pada ketidakstabilan politik dan ekonomi di kawasan itu, dan terus menjadi ancaman yang tidak biasa dan luar biasa terhadap keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Amerika Serikat,” papar Biden dalam surat kepada Kongres AS.

“Untuk alasan ini, saya telah memutuskan bahwa perlu melanjutkan keadaan darurat nasional yang dinyatakan dalam Perintah Eksekutif 13441 sehubungan dengan Lebanon,” ungkap Biden.



AS pertama kali mendeklarasikan keadaan darurat nasional untuk Lebanon selama pemerintahan Presiden AS George Bush pada 2007.



AS percaya, dan terus percaya, bahwa aktor-aktor tertentu bertujuan mengganggu supremasi hukum di Lebanon.



Washington mengatakan ini termasuk negara tetangga Suriah dan Hizbullah yang didukung Iran.

Menurut Gedung Putih, ancaman semacam itu juga menimbulkan risiko bagi keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS.

Selama empat belas tahun berturut-turut, keadaan darurat nasional untuk Lebanon akan diperpanjang selama 365 hari lagi.

Namun tahun ini mungkin salah satu waktu yang paling sulit bagi Lebanon. Negara ini menderita krisis ekonomi dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena korupsi yang merajalela atas nama elit penguasa, ditambah pandemi COVID-19 dan ledakan di pelabuhan Beirut.

Hizbullah terus menjadi satu-satunya pemilik senjata di luar kendali negara. Partisipasinya dalam konflik regional, termasuk di Suriah, Irak dan Yaman, telah memutuskan hubungan dengan sekutu tradisional Arab dan Teluk.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)