Rusia Luncurkan Jet Siluman Su-75 Checkmate, Putin Umbar Pujian

Selasa, 20 Juli 2021 - 21:43 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Jet Siluman Su-75 Checkmate, Putin Umbar Pujian
Jet tempur siluman baru Rusia, Su-75, siap saingi F-35 AS. Foto/fighterjetsworld
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin memeriksa calon pesawat tempur baru Rusia yang dipamerkan di MAKS-2021 International Aviation and Space Salon. Pertunjukan udara tersebut dibuka di Zhukovsky, di luar Moskow, pada Selasa (20/7/2021).

“Apa yang kami lihat di Zhukovsky hari ini menunjukkan bahwa penerbangan Rusia memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan industri pembuatan pesawat kami terus menciptakan desain pesawat baru yang kompetitif,” kata Putin dalam pidato pembukaan pameran tersebut seperti dikutip dari AP.

Produsen pesawat Rusia, Sukhoi, meluncurkan prototipe jet tempur baru yang menampilkan kemampuan siluman dan karakteristik canggih lainnya. Sukhoi mengembangkan pesawat tempur baru di bawah program LTS, akronim Rusia untuk Light Tactical Aircraft.

Pembuatnya mengatakan prototipe ini akan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2023 dan pengiriman dapat dimulai pada tahun 2026. Mereka mengatakan desain baru dapat dikonversi ke versi tanpa pilot dan model dua kursi.

Pesawat baru, yang belum diberi nama, lebih kecil dari pesawat tempur siluman dua mesin Su-57 terbaru Rusia, yang juga dibuat oleh Sukhoi, dan memiliki satu mesin.

"Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan 1,8-2 kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan 3.000 kilometer," kata sukhoi.

Perusahaan negara Rusia Rostec, yang mencakup Sukhoi dan pembuat pesawat lainnya, telah mengiklankan pesawat baru di bawah tag Checkmate, sebuah pendekatan yang tampaknya dimaksudkan untuk menggarisbawahi karakteristik superiornya.

Dikatakan bahwa pesawat tempur baru memiliki apa yang disebut sebagai jet tempur generasi kelima, sebuah definisi yang mengasumsikan karakteristik siluman dan kemampuan untuk terbang dengan kecepatan supersonik, di antara fitur-fitur canggih lainnya.

Rostec mengatakan desain baru mencakup fitur kecerdasan buatan untuk membantu pilot dan teknologi inovatif lainnya. Dikatakan jet itu dirancang untuk mengurangi biaya layanan dan mudah disesuaikan dengan berbagai kebutuhan pelanggan.

Calon jet tempur Rusia tampaknya dimaksudkan untuk bersaing dengan pesawat tempur F-35 Lightning II Amerika Serikat (AS), yang mulai beroperasi pada tahun 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)