Ibu Kota Aghanistan Dihujani Roket Saat Presiden Ghani Shalat Idul Adha

Selasa, 20 Juli 2021 - 14:28 WIB
loading...
A A A
Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa tidak ada pihak yang saat ini mengejar gencatan senjata bersama selama pembicaraan, meskipun ada seruan mendesak dari masyarakat sipil Afghanistan dan masyarakat internasional untuk mengakhiri pertempuran.



Taliban dan pemerintah sebelumnya telah mengumumkan gencatan senjata selama beberapa hari raya keagamaan.

Setelah pertemuan puncak akhir pekan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa pemerintahannya berharap untuk memulai pembicaraan dengan Taliban mengenai penolakan kelompok itu membiarkan Ankara mengelola bandara Kabul setelah pasukan AS mundur dari Afghanistan.

Turki telah bernegosiasi dengan pejabat pertahanan AS mengenai tawaran untuk mengamankan bandara, yang merupakan kunci untuk memungkinkan negara-negara mempertahankan kehadiran diplomatik di Afghanistan setelah penarikan pasukan.

Pekan lalu, Taliban menyebut tawaran Turki "tercela".



Sementara itu, pertempuran berlanjut di Afghanistan, dengan Taliban dan pemerintah mengklaim keuntungan di berbagai bagian negara itu.

Selama akhir pekan, pemimpin tertinggi Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan dia "sangat mendukung" penyelesaian politik - bahkan ketika gerakan Islam garis keras melanjutkan serangannya.

Taliban telah merebut distrik, merebut penyeberangan perbatasan dan mengepung ibu kota provinsi saat pasukan asing bersiap untuk keluar sepenuhnya pada akhir Agustus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)