Desa Afrika Ini Memiliki Sekolah dari Printer 3D Pertama di Dunia

Minggu, 18 Juli 2021 - 09:51 WIB
loading...
Desa Afrika Ini Memiliki Sekolah dari Printer 3D Pertama di Dunia
Desa Mcheza di Malawi tengah, sebuah negara di Afrika tenggara memiliki sekolah yang dibangun dari printer 3d pertama di dunia. Foto/Newsweek
A A A
LILONGWE - Desa Mcheza di Malawi tengah, sebuah negara di Afrika tenggara, sedang menatap sekolah yang dibangun dari printer 3D pertama di dunia.Masyarakat terbangun dengan kekaguman, melongo melihat bangunan yang tampak tumbuh di ujung halaman sekolah di tengah malam bulan November.

"Malam sebelumnya, para pria sedang bekerja di lokasi menyiapkan peralatan dan, di pagi hari, sebuah blok sekolah baru berdiri di tanah yang disediakan untuk sebuah sekolah," kata Kepala Senior Kalonga kepada Zenger News di sela-sela acara penyerahan ruang kelas kepada masyarakat pada 18 Juni lalu seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (18/7/2021).

Perusahaan Prancis 14Trees mengatakan mereka membangun gedung sekolah itu dalam waktu kurang dari 15 jam, secara harfiah dalam semalam. Sekolah Itu belum diberi nama.

"Berdasarkan perhitungan kami, jika kami mengandalkan metode konvensional, akan membutuhkan waktu sekitar 70 tahun untuk menghapus simpanan itu," kata direktur pelaksana 14Trees François Perrot kepada Zenger.

"Untuk menghapus backlog itu lebih cepat, kita perlu secara konstruktif mengganggu cara kita membangun dan menerapkan pendekatan mutakhir yang dapat membawa kecepatan, efisiensi, dan kinerja lingkungan dalam skala besar. Inilah yang dicapai oleh teknologi printer 3D," tuturnya.



Perrot mengatakan 14Trees didirikan bersama oleh LafargeHolcim, pemimpin bahan bangunan, dan CDC Group, lembaga keuangan pembangunan dan investor dampak Inggris.

Keduanya telah berinvestasi dalam teknologi pencetakan 3D dan membawanya ke tempat-tempat yang paling membutuhkannya.

"Kami percaya kesenjangan infrastruktur sekolah dapat dijembatani hanya dalam sepuluh tahun menggunakan printer 3D," kata Perrot.

Perrot mengatakan bahwa dengan potongan printer 3D, dinding sekolah didirikan dalam waktu kurang dari 12 jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)