Selidiki Asal Usul COVID-19, WHO Usulkan Misi Baru ke China dan Audit Laboratorium

Jum'at, 16 Juli 2021 - 20:51 WIB
loading...
Selidiki Asal Usul COVID-19, WHO Usulkan Misi Baru ke China dan Audit Laboratorium
WHO usulkan misi baru ke China dan audit laboratorium Wuhan dalam langkah baru menyelidiki asal usul virus COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengusulkan studi tahap kedua di China tentang asal usul virus Corona baru penyebab pandemi COVID-19 , termasuk audit laboratorium di Wuhan . Namun belum ada tanda-tanda bahwa Beijing akan menerima penyelidikan lebih lanjut badan internasional itu.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mempresentasikan rencana tersebut kepada negara-negara anggota pada pertemuan tertutup pada hari Jumat (16/7/2021), sehari setelah mengatakan bahwa penyelidikan terhambat oleh kurangnya data mentah pada hari-hari pertama penyebaran virus di China.

Sebuah tim yang dipimpin WHO menghabiskan waktu empat minggu di dan sekitar pusat kota Wuhan dengan para peneliti China. Dalam laporan bersama pada bulan Maret, tim mengatakan bahwa virus itu mungkin telah ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain.



Tetapi negara-negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan beberapa ilmuwan telah menuntut penyelidikan lebih lanjut, terutama ke Institut Virologi Wuhan yang sedang melakukan penelitian tentang kelelawar.

Para diplomat mengatakan rencana WHO menyerukan studi lebih lanjut di China - tetapi tidak di negara lain - dan khususnya untuk audit laboratorium di sekitar Wuhan.

“Kita butuh informasi, informasi langsung seperti apa situasi lab ini sebelum dan di awal pandemi. Nanti kalau kita dapat informasi yang lengkap, kita bisa mengecualikan itu. Salah satu tantangannya lagi, lho, tantangan dari akses dan juga transparansi terkait hipotesis yang diajukan," kata Tedros kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.

Misi China untuk PBB di Jenewa tidak menanggapi permintaan komentar terkait rencana ini



China menyebut teori bahwa virus itu mungkin telah lolos dari laboratorium Wuhan "tidak masuk akal" dan berulang kali mengatakan bahwa mempolitisasi masalah ini akan menghambat penyelidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)