Ledakan Besar Guncang Pelabuhan Jebel Ali, Seluruh Dubai Bergetar

Kamis, 08 Juli 2021 - 06:31 WIB
loading...
Ledakan Besar Guncang Pelabuhan Jebel Ali, Seluruh Dubai Bergetar
Ledakan besar mengguncang Pelabuhan Jabel Ali, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (8/7/2021). Foto/Al Arabiya
A A A
DUBAI - Sebuah ledakan besar telah mengguncang Pelabuhan Jebel Ali, Dubai , Uni Emirat Arab, Kamis (8/7/2021) dini hari. Seluruh kota Dubai ikut bergetar akibat ledakan tersebut.

Segumpal besar api membumbung ke langit. Jendela dan pintu beberapa rumah hancur.



Kebakaran terjadi di sebuah kapal kontainer di Pelabuhan Jebel Ali, pelabuhan utama Dubai.

Menurut Dubai Media Office(Kantor Media Dubai), ledakan telah berhasil dikendalikan tanpa ada korban yang dilaporkan. Setidaknya tiga warga di area sekitar ledakan ledakan, namun penyebab ledakan hebat ini belum diketahui.

“Kebakaran yang disebabkan oleh ledakan di dalam peti kemas di atas kapal di Pelabuhan Jebel Ali telah berhasil dikendalikan; tidak ada korban yang dilaporkan,” tulis Kantor Media Dubai di Twitter.

Posting media tersebut di Twitter disertai dengan video petugas pemadam kebakaran yang menangani kobaran api di sebuah kapal besar yang ditumpuk dengan kontainer saat kobaran api menyebarkan detritus di sisi dermaga.

Seorang koresponden AFP di tempat kejadian mengatakan ada sebuah helikopter berputar-putar di atas kepala saat asap membubung dari fasilitas yang dijaga ketat itu.

Menurut Layanan Riset Kongres Amerika Serikat (AS) pelabuhan tersebut mampu menangani kapal induk dan merupakan pelabuhan panggilan tersibuk Angkatan Laut AS di luar Amerika Serikat pada tahun 2017.

Peristiwa semacam itu jarang terjadi di Dubai yang sangat aman, salah satu dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab yang kaya.

“Saya berada di luar di balkon saya. Teman saya melihat sesuatu yang kuning datang (seperti) matahari. Saya mengambil gambar dan setelahnya (ada) suara,” kata pekerja magang Clemence Lefaix, yang tinggal di dekat lokasi ledakan. Dia mem-posting foto cahaya oranye terang di langit malam di depan gedung apartemen.



Pata penduduk distrik Marina Dubai, dekat dengan Pelabuhan Jebel Ali, mengatakan kepada AFP bahwa mereka melihat jendela-jendela rumah bergetar.

“Saya telah tinggal di sini selama 15 tahun dan ini adalah pertama kalinya saya melihat dan mendengar ini,” kata mereka.

Pelabuhan Jebel Ali menangani 14,1 juta TEU pada 2019, penurunan 5,6 persen, tetapi masih menjadikannya di antara 10 teratas secara global.

Ada 8000 perusahaan yang berbasis di Jebel Ali Free Zone (JAFZA) yang menyumbang 23 persen dari produk domestik bruto Dubai tahun lalu. Ini adalah zona perdagangan terbesar di Timur Tengah.

Emirat Teluk Dubai yang mewah mengubah dirinya selama 50 tahun dari kota pelabuhan yang sepi menjadi pusat perjalanan, perdagangan, dan jasa keuangan regional.

Negara kota itu sekarang menjadi rumah bagi lebih dari tiga juta orang, kebanyakan orang asing, dibandingkan dengan hanya 15.000 penduduk pada 1950-an.

Tidak seperti Abu Dhabi, anggota terkemuka Uni Emirat Arab yang memiliki kekayaan minyak bumi yang besar, Dubai memiliki sumber daya minyak yang semakin berkurang dan telah bekerja untuk mengembangkan industri non-minyak, diversifikasi ke layanan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)