Empat Juta Orang Meninggal Akibat COVID, Asia Pontang-panting Lawan Pandemi

Kamis, 08 Juli 2021 - 06:01 WIB
loading...
Empat Juta Orang Meninggal Akibat COVID, Asia Pontang-panting Lawan Pandemi
Petugas dari kepolisian membawa boneka saat berlatih menangani jenazah COVID di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada 6 Juli 2021. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Lebih dari empat juta orang telah meninggal karena infeksi Covid-19 di penjuru dunia menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (7/7).

Ketika banyak negara kaya bersiap melonggarkan pembatasan, negara-negara di Asia pontang-panting memerangi infeksi yang melonjak drastis.

Indonesia telah menjadi hotspot global, dengan sebagian besar rumah sakit harus menolak pasien. Pihak berwenang terpaksa mengimpor pasokan oksigen dan rekor 1.040 kematian dilaporkan pada Rabu (7/7).



“Dunia berada pada titik berbahaya dalam pandemi ini,” ungkap Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut angka empat juta itu terlalu rendah dari jumlah sebenarnya yang tak seluruhnya terdata.



Dia mengatakan, “Beberapa negara dengan cakupan vaksinasi yang tinggi bersantai seolah-olah pandemi sudah berakhir, sementara yang lain telah melihat lonjakan tajam dalam kasus karena varian yang sangat mudah menular dan ketidaksetaraan yang mengejutkan dalam akses ke vaksin.”



Indonesia adalah salah satu negara yang terpukul keras. Pemerintah Indonesia telah memperluas pembatasan di penjuru nusantara menyusul tindakan keras sebelumnya di ibu kota Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Pembatasan baru berlaku untuk lusinan kota dan meluas di Indonesia yang berpenduduk hampir 270 juta orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)