Krisis Ekonomi, Harga Produk Menstruasi Menggila, Wanita Lebanon Menderita

Kamis, 08 Juli 2021 - 01:01 WIB
loading...
Krisis Ekonomi, Harga Produk Menstruasi Menggila, Wanita Lebanon Menderita
Demonstran wanita berunjuk rasa di Beirut, Lebanon. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Para wanita di Lebanon tidak lagi mampu membeli produk menstruasi karena kondisi ekonomi yang anjlok mendorong setengah populasi berada di bawah garis kemiskinan.

Terguncang dari efek pandemi COVID-19, ledakan pelabuhan Beirut yang mematikan, dan ekonomi yang mengerikan, para wanita Lebanon kini terpaksa menghadapi kenaikan 500% untuk harga produk menstruasi, menurut organisasi non-pemerintah Lebanon Fe-Male.

Istilah “Kemiskinan Datang Bulan” muncul karena sulitnya akses ke produk sanitasi, tempat yang aman dan higienis untuk menggunakannya, dan hak mengelola menstruasi tanpa rasa malu atau stigma. Masalah ini pun menjadi isu yang meluas di Lebanon.



Pada 2019, satu paket pembalut berharga 3.000 hingga 4.000 pound Lebanon (Rp29 ribu). Saat ini, produk yang sama berharga mulai dari 13.000 pound (Rp125 ribu) hingga 32.000 pound (Rp304 ribu).



Rata-rata, seorang wanita di Lebanon akan menghabiskan sekitar 90.000 pound (Rp869 ribu) untuk membeli pembalut saja setiap bulan.



Karena tidak ada pilihan lain yang terlihat, banyak yang terpaksa mencari alternatif, seperti menggunakan koran, kain bekas atau kertas tisu.

“Semua bahan itu sangat tidak higienis dan menyebabkan masalah kesehatan yang tidak mampu mereka tangani,” ungkap salah satu pendiri inisiatif Dawrati Line Masri kepada Al Arabiya English.

“Ini sangat menyedihkan, itu memalukan. (Perempuan) menggunakan kertas tisu. Beberapa dari mereka memotong popok anak mereka menjadi dua sehingga mereka dapat menggunakannya juga. Mereka menggunakan koran. Mereka menggunakan kain tua. Sangat memalukan, dan yang terpenting tidak higienis sama sekali,” ujar Masri.

Ribuan warga Lebanon telah terjerumus ke dalam kemiskinan yang menurut Bank Dunia sebagai salah satu dari tiga krisis keuangan global terburuk sejak pertengahan abad ke-19.

Masri meluncurkan Dawrati yang berarti siklus menstruasi dalam bahasa Arab, bersama temannya Rana Haddad pada Mei 2020, di tengah krisis keuangan dan puncak wabah virus corona.

Kedua wanita itu memperhatikan, sementara paket bantuan dari organisasi non-pemerin tah (NGO) mulai memasukkan masker dan pembersih wajah, beberapa barang penting hilang yakni produk menstruasi.

“Perempuan di Lebanon sedang mengalami krisis ekonomi dan keuangan. Kami mengalami ledakan ganda di pelabuhan Beirut, keruntuhan ekonomi. Kami sedang melawan COVID. Jadi semua ini sudah merugikan orang pada umumnya, dan lebih khusus lagi bagi wanita, yang tidak mampu lagi membeli pembalut menstruasi,” papar Masri.

Dawrati pada dasarnya bertujuan membantu perempuan dan anak perempuan dari rumah tangga berpenghasilan rendah.

Namun, karena mata uang kehilangan lebih dari 90% nilainya, Masri mengatakan perempuan dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, tidak mampu lagi membeli produk menstruasi.

“Hari ini, semua orang menjadi rentan. Ada kebutuhan untuk mendefinisikan kembali apa itu kerentanan. Sebelumnya, itu adalah seseorang yang tidak memiliki penghasilan. Hari ini, itu adalah seseorang dengan penghasilan. Mereka ini perempuan berpendidikan yang bekerja di bank, di lembaga, tapi gaji mereka tidak lagi cukup karena inflasi,” papar Masri.

Faten Menhem Aoun, ibu dua anak berusia 36 tahun, mengatakan inflasi telah mendorong orang mengevaluasi kembali barang-barang apa yang penting, sementara mereka juga berjuang menyediakan makanan di atas meja dan menghadapi kemungkinan yang akan terjadi yakni pemadaman listrik berjam-jam yang bisa berlangsung selama berhari-hari.

“Sebelumnya, saya biasa membeli sebungkus (pembalut menstruasi) seharga 2.500 pound Lebanon. Sekarang harganya hampir 10 kali lipat atau lebih,” ujar dia.

“Saya khawatir untuk hari berikutnya jujur. Kami khawatir (pemerintah) akan mencabut listrik kami. Kami khawatir tidak bisa meletakkan makanan di atas meja. Menyedihkan karena bank merampok uang kami yang kami simpan sepanjang hidup kami. (Kami) tidak punya lagi tabungan dan tidak ada lagi pekerjaan. Menakutkan," keluh dia.

Bagi warga Tripoli, Sahar Yahya, keadaan tersebut juga mendorong dia dan banyak temannya untuk mencari merek yang lebih murah dan memotong barang-barang rumah tangga lainnya.

“Produk menstruasi adalah prioritas, jadi kami mengubah merek yang kami gunakan. (Kami) mencari yang lebih murah. Secara umum, keluarga Lebanon mengubah prioritas mereka. Kami memotong produk yang tidak perlu untuk membeli barang-barang penting,” ungkap Yahya.

“Harga (produk menstruasi) naik 10 kali lipat. Ini meningkat dari hari ke hari, menurut nilai tukar dolar. Pembalut digunakan untuk menjadi 4.000 lira Lebanon. Sekarang, harganya menjadi 28.000 karena pertukaran dolar,” papar dia.

Dawrati dan organisasi lokal lainnya secara teratur menyumbangkan peralatan menstruasi untuk wanita di seluruh Lebanon.

Jika inflasi berlanjut pada tingkat saat ini, pada akhirnya tidak ada yang mampu membagikan paket-paket kebutuhan pokok.

“Saat pertama kali meluncurkan Dawrati pada Mei 2020, paket dasar menstruasi kami meliputi pembalut menstruasi, pantyliner, dan tisu intim yang cukup untuk satu bulan. Biayanya 15.000 lira,” ujar Masri kepada Al Arabiya English.

“Hari ini, satu tahun dan dua bulan kemudian, perlengkapan menstruasi kami mencakup pembalut menstruasi dan panty liner, dan harganya antara 30.000 dan 40.000 lira Lebanon per wanita. Aku harus meniadakan tisu intim karena harganya gila,” pungkas dia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)