Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia, Retno Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin

Selasa, 06 Juli 2021 - 22:24 WIB
loading...
Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia, Retno Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin
Menlu Retno Marsudi dorong kerja sama produksi vaksin COVID-19 dalam pertemuan Menlu ASEAN-Rusia, Selasa (6/7/2021). Foto/Kemlu
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno L.P. Marsudi dan Menlu Rusia , Sergey Lavrov telah memimpin bersama Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (6/7/2021).

Pertemuan telah membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang tahun ini memasuki tahun ke-25. MenluRetno juga mendorong penguatan kerja sama dalam sektor kesehatan, khususnya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Kenaikan kasus COVID-19 , kemunculan berbagai varian baru dan kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerjasama dengan lebih baik dalam menghadapi pandemi,” ujarRetnodalam pidato pembukaannya.

“Namun di sisi lain, upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tetap harus menjadi perhatian utama,” tambahnya seperti dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang dipantau Sindonews.



Lebih lanjut, Retno menyampaikan dua isu utama pada pertemuan: Pertama, mengenai kerja sama penanganan pandemi. Retno mendorong Rusia untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin di kawasan melalui doses-sharing, memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia serta menjajaki kemungkinan joint-production dengan Negara Anggota ASEAN.

Retno juga mengajak ASEAN dan Rusia untuk bersama-sama memperkuat dukungan terhadap COVAX Facility, negosiasi TRIPS Waiver serta keseteraan pengakuan terhadap vaksin.

Selain itu, Retno menegaskan pentingnya penguatan ketahanan kesehatan kawasan. Kolaborasi dengan Rusia diharapkan dapat meningkatkan kemandirian kawasan dalam industri kesehatan dan farmasi, penelitian serta penguatan sistem pencegahan dini kawasan.

“ASEAN-Rusia juga memiliki tanggung jawab untuk memperkuat WHO dan tatanan kesehatan global untuk mengantisipasi munculnya pandemi di masa mendatang,” tegas perempuan berkacamata itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)