Dikunjungi Menlu Retno, Belanda Beri Indonesia 3 Juta Vaksin COVID-19

Jum'at, 02 Juli 2021 - 03:38 WIB
loading...
Dikunjungi Menlu Retno, Belanda Beri Indonesia 3 Juta Vaksin COVID-19
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi. Foto/SINDOnews.com
A A A
AMSTERDAM - Pemerintah Belanda memberikan bantuan 3 juta dosis vaksin untuk pencegahan virus corona penyebab COVID-19 kepada Indonesia .

Bantuan itu diberikan setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi berkunjung dan melakukan pertemuan secara terpisah dengan Ratu Maxima, Perdana Menteri Mark Rutte, dan Menlu Sigrid Kaag. Kunjungan Retno berlangsung hari Kamis (1/7/2021) waktu setempat.



Ratu Maxima merupakan Penasihat Khusus Sekjen PBB mengenai isu Financial Inclusion dan Honorary President of the G20 Global Partnership for Financial Inclusion.

"Dalam pertemuan dengan Ratu Maxima, pembicaraan terfokus pada isu financial inclusion. Saya sampaikan bahwa sepanjang tahun 2020, Indonesia telah mencapai kemajuan inklusivitas keuangan. Indeks inklusivitas keuangan Indonesia telah mencapai 81 persen pada 2020 dibandingkan dengan 76 persen pada 2019," kata Menlu Retno dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com.

Menlu Retno juga menyampaikan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019 yang terus mengalami kemajuan. "Capaian tersebut diakui oleh Ratu Belanda dan dianggap sebagai model untuk dapat dibagi pengalamannya dengan negara lain," ujarnya.

Selanjutnya, dalam pertemuan dengan PM Rutte dan Menlu Kaag secara terpisah, Retno membahas upaya untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda.

"Belanda adalah salah satu mitra ekonomi Indonesia terpenting di Uni Eropa. Untuk perdagangan, pada 2019 Belanda adalah negara tujuan ekspor RI terbesar di Eropa dengan nilai sekitar USD3,2 miliar," papar Retno.



Pada 2020 di saat pandemi, Belanda menjadi tujuan ekspor terbesar bagi Indonesia di Eropa dengan nilai USD3,1 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)