Seluruh Pasukan AS dan NATO Telah Tinggalkan Pangkalan Udara Bagram

Jum'at, 02 Juli 2021 - 15:18 WIB
loading...
A A A
Selama bertahun-tahun, kota mini telah dikunjungi oleh ratusan ribu anggota militer serta kontraktor AS dan NATO.

Kota ini membanggakan kolam renang, bioskop dan spa - dan bahkan jalan setapak yang menampilkan gerai makanan cepat saji seperti Burger King serta Pizza Hut.

Pangkalan itu juga menjadi tempat penjara yang menampung ribuan tahanan Taliban dan teroris.

Bagram dibangun oleh AS untuk Afghanistan selama Perang Dingin pada 1950-an sebagai benteng melawan Uni Soviet di utara.

Ironisnya, itu menjadi titik pementasan untuk invasi Soviet ke negara tersebut pada tahun 1979, dan Tentara Merah memperluasnya secara signifikan selama hampir satu dekade pendudukan mereka.

Ketika Moskow menarik diri, pangkalan itu menjadi pusat perang saudara yang berkecamuk. Dilaporkan bahwa pada satu titik Taliban menguasai salah satu ujung landasan pacu sepanjang tiga kilometer dan pihak oposisi Aliansi Utara di ujung lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Bagram telah berada di bawah serangan roket yang diklaim dilakukan oleh ISIS, menimbulkan kekhawatiran bahwa gerilyawan sudah mengincar pangkalan itu untuk melancarkan serangan di masa depan.

Misi non-tempur yang dipimpin NATO bertujuan untuk melatih pasukan Afghanistan guna memastikan keamanan negara mereka setelah kepergian pasukan asing.

Pada Februari 2021, ada sekitar 9.500 tentara asing di Afghanistan, di mana AS merupakan kontingen terbesar dengan jumlah personil mencapai 2.500.

Sejauh ini Jerman dan Italia telah mengkonfirmasi penarikan penuh pasukan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)