Hampir 20 Tahun Jalankan Misi NATO, Tentara Jerman Terakhir Tinggalkan Afghanistan

Rabu, 30 Juni 2021 - 15:21 WIB
loading...
A A A
Politisi dari partai lain lebih tertutup. Siemtje Moeller dari Sosial Demokrat (SPD) mengatakan bahwa sementara operasi itu sukses dari perspektif militer, pembangunan negara jangka panjang di Afghanistan terbukti lebih sulit. Moeller menyerukan peninjauan misi, seperti yang dilakukan perwakilan dari partai Kiri.

“Harus diakui bahwa tujuan utama – perdamaian di Afghanistan dan struktur negara yang stabil – belum tercapai,” kata Tobias Lindner, seorang anggota parlemen untuk Partai Hijau.

Pasukan Jerman telah pergi saat Pentagon bersiap untuk sepenuhnya menarik kembali pasukannya sendiri dari Afghanistan pada 11 September 2021. Penarikan tentara AS meningkatkan kekhawatiran bahwa Taliban, yang telah menduduki sejumlah tempat dalam beberapa bulan terakhir, akan menghancurkan pemerintah Afghanistan yang didukung oleh Barat di Kabul dan sekali lagi menyerbu negara itu.

Para militan merebut kota Sher Khan Bandar dekat perbatasan Afghanistan-Tajik bulan ini dan mengklaim telah merebut 90 distrik sejak pertengahan Mei. NBC News mengutip seorang komandan Taliban yang mengatakan pekan lalu bahwa para militan terkejut dengan kecepatan kemajuan mereka sendiri.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)