Spanyol Cabut Kewajiban Pakai Masker di Luar Ruangan

Minggu, 27 Juni 2021 - 06:01 WIB
loading...
Spanyol Cabut Kewajiban Pakai Masker di Luar Ruangan
Warga tak memakai masker saat berjalan di pusat kota Madrid, Spanyol, 26 Juni 2021. Foto/REUTERS
A A A
MADRID - Warga Spanyol diizinkan melepas masker mereka untuk berjalan-jalan di taman atau perjalanan ke pantai pada Sabtu (26/6).

Ini merupakan pertama kalinya dalam lebih dari setahun, warga diizinkan tanpa masker di luar ruangan.

Meski demikian, beberapa orang tidak terburu-buru melepas masker yang melindungi mereka dari COVID-19.



“Saya terkejut karena saya berharap melihat banyak orang tanpa masker, tetapi kebanyakan masih memakainya,” ujar Manuel Mas, 40, penyanyi di pusat ibu kota, Madrid.



Meski masker tidak harus dikenakan di luar ruangan sesuai aturan baru yang dilonggarkan di Spanyol, orang masih harus menggunakannya di dalam ruangan atau di luar ruangan yang ramai di mana jarak sosial tidak mungkin dilakukan.



Andrea Sosa, 20, pelayan dari Madrid, mengatakan dia akan terus menutupi wajahnya dengan masker karena dia belum divaksinasi.

“Bagi saya penting untuk tetap memakai masker,” ujar dia sambil menunggu bertemu seorang teman di alun-alun Puerta del Sol yang sibuk di Madrid.

Tingkat infeksi nasional Spanyol yang diukur selama 14 hari sebelumnya adalah 95 kasus per 100.000 penduduk, turun dari sekitar 150 kasus sebulan lalu, menurut data Kementerian Kesehatan Spanyol pada Jumat (25/6).

“Setengah dari 47 juta penduduk negara itu telah menerima minimal satu dosis vaksin,” papar Kementerian Kesehatan Spanyol awal pekan ini.

Sekitar 3.782.463 kasus virus corona telah dikonfirmasi sementara 80.779 orang meninggal karena COVID-19, menurut data resmi.

Spanyol menjadi salah satu negara Eropa yang mengalami dampak terparah dari pandemi COVID-19.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)