Hendak Diekstradisi ke AS, Raja Antivirus John McAfee Tewas di Penjara Spanyol

loading...
Hendak Diekstradisi ke AS, Raja Antivirus John McAfee Tewas di Penjara Spanyol
Raja perangkat lunak antivirus John McAfee ditemukan tewas di penjara Spanyol. Foto/REUTERS/Darrin Zammit Lupi/File Photo
BARCELONA - Raja perangkat lunak antivirus John McAfee ditemukan tewas di sel penjaranya di Barcelona, hanya beberapa jam setelah pengadilan Spanyol menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat (AS).

McAfee hendak diekstradisi ke Amerika atas tuduhan penggelapan pajak.

Baca juga: Bagaimana 'Jet Tempur Tercanggih Rusia Su-57' Ada di Armada AL AS?

John McAfee, 75, ditemukan tak bernyawa di selnya di penjara Sant Esteve Sesrovires pada Rabu malam. Kematiannya telah dikonfirmasi Kementerian Kehakiman Spanyol.

Kementerian itu mengatakan penjaga dan staf medis penjara telah melakukan intervensi dan mencoba melakukan resusitasi, tetapi tidak berhasil menyelamatkan tahanan tersebut.

Penyelidik telah dikirim ke penjara untuk menyelidiki penyebab kematiannya."Tetapi semuanya menunjukkan itu bisa jadi bunuh diri," kata Kementerian Kehakiman Spanyol, seperti dikutip Russia Today, Kamis (24/6/2021).



Sebelumnya pada Rabu, pengadilan Spanyol memutuskan untuk mengizinkan ekstradisi McAfee ke AS dengan tuduhan menghindari pajak antara 2014 hingga 2018, yang bisa membuatnya dipenjara hingga 30 tahun.

Otoritas AS juga memiliki tuntutan perdata yang tertunda terhadap McAfee atas keuntungan sekitar USD13 juta dari skema cryptocurrency.

McAfee ditangkap di Spanyol pada Oktober 2020 dan ditahan di penjara karena berisiko melarikan diri selama menunggu sidang ekstradisi.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top