Bertemu Raja Tempe Indonesia, Dubes Heri Pastikan Dukungan Perluas Pasar Jepang

Senin, 21 Juni 2021 - 15:46 WIB
loading...
Bertemu Raja Tempe Indonesia, Dubes Heri Pastikan Dukungan Perluas Pasar Jepang
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi meninjau usaha olahan tempe Indonesia yang dikelola Rustono seorang wirausaha WNI di Kyoto. Foto/KBRI Tokyo
A A A
TOKYO - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi meninjau usaha olahan tempe Indonesia yang dikelola Rustono, seorang wirausaha warga negara Indonesia (WNI) di Kyoto, Sabtu (19/6/2021).

Kunjungan Dubes Heri yang didampingi sang istri; Nuning Akhmadi, Konsul Jenderal RI Osaka Diana ES Sutikno dan pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo serta Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka tersebut merupakan bentuk dukungan kepada WNI yang berwirausaha di Jepang.



Saat berdialog dengan Rustono yang dikenal sebagai “Raja Tempe Indonesia”, Dubes Heri menekankan pentingnya menjaga kualitas dan kemasan produk tempe yang dijual kepada masyarakat Jepang. Diplomat Indonesia ini juga memastikan kepada Rustono bahwa KBRI Tokyo memberikan dukungan kongkritnya agar usaha tempe yang dikelolanya dapat terus berkembang.

“Perlu diperhatikan kualitas tempe yang dijual. Ini penting dilakukan, agar tetap terjaga minat dan permintaan masyarakat khususnya konsumen Jepang. Kami siap mendukung. Dalam waktu dekat kami akan menampilkan display produk Indonesia di kantor KBRI Tokyo yang salah satunya menghadirkan tempe,” ujar Dubes Heri.
Bertemu Raja Tempe Indonesia, Dubes Heri Pastikan Dukungan Perluas Pasar Jepang

Tempe sebagai makanan sehat, menurut Dubes Heri Akhmadi, perlu terus dipromosikan di pasar Jepang dan diharapkan dapat dipasarkan di outlet supermarket besar di Jepang.

Rustono sangat mengapresiasi kunjungan Dubes Heri bersama rombongan ke tempat wirausahanya. Kepada diplomat Indonesia itu, Rustono menjelaskan seputar aktivitas usaha tempenya. Dia berharap dukungan penuh dari KBRI Tokyo dapat semakin menambah omzet penjualan usaha tempenya.

“Kami produksi 10.000 bungkus per minggu dan dikirim ke lebih 1.000 titik di Jepang. Meliputi restoran, katering, rumah sakit dan sekolah untuk makan siang, serta hotel, toko-toko Asia, orang Indonesia di Jepang, maskapai penerbangan dan lainnya. Promosi kami hanya dari mulut ke mulut,” kata Rustono dalam keterangan pers KBRI Tokyo yang diterima SINDOnews.com, Senin (21/6/2021).



Rustono merintis bisnis tempe di Jepang sejak 1990-an akhir. Dengan brand produk “Rusto’s Tempeh”, Rustono sukses memasarkan tempe di Jepang.
Bertemu Raja Tempe Indonesia, Dubes Heri Pastikan Dukungan Perluas Pasar Jepang

Seiring berjalannya waktu, di “Raja Tempe Indonesia” ini kemudian mengembangkan bisnis tempe di Korea Selatan. Pada tahun 2018, tempe buatan Rustono bahkan telah menembus pasar dunia seperti Meksiko, Korea, Brazil, dan Hongaria.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)