Selamatkan 20 WNI, Dubes Heri Akhmadi Beri Penghargaan ke Perusahaan Kapal Jepang

Rabu, 02 Juni 2021 - 20:40 WIB
loading...
Selamatkan 20 WNI, Dubes Heri Akhmadi Beri Penghargaan ke Perusahaan Kapal Jepang
Dubes Heri Akhmadi (kanan) memberikan penghargaan kepada pemilik kapal, nahkoda dan kru FV Fukuseki Maru 15 atas penyelamatan awak Kapal Motor Bandar Nelayan 188. Foto/KBRI Tokyo
A A A
TOKYO - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pada Rabu (2/6/2021) memberikan penghargaan kepada perusahaan kapal penangkap ikan FV Fukuseki Maru 15. Kru kapal perusahaan Jepang itu telah membantu menyelamatkan 20 orang warga negara Indonesia (WNI) awak KM Bandar Nelayan 188.

Dubes Heri mengatakan Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyampaikan apresiasi atas operasi penyelamatan yang dilakukan kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15.



"Momentum yang kita peringati hari ini adalah untuk memberi penghargaan atas keberanian dari awak kapal Jepang yang berada di lautan Hindia. Kehadiran para awak kapal itu menunjukan kepedulian yang luar biasa sebagai bentuk persaudaraan Jepang-Indonesia," ujar Dubes Heri Akhmadi.

Hubungan baik kedua negara ini, lanjut Dubes Heri, tidak hanya ditandai dengan hubungan erat antarnegara dan pihak swasta, tetapi juga antara rakyat kedua negara.

"Esensi acara ini adalah untuk menghormati dan mengapresiasi hubungan baik kedua negara, baik antarpemerintah, swasta dan masyarakat. Terima kasih kepada berbagai pihak. Semoga hubungan baik ini semakin kuat," ujar diplomat Indonesia tersebut dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo yang diterima SINDOnews.com.

Kenichi Nishikawa, Presiden Kapal Kabushiki Kaisha Fukuseki Maru, menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari Dubes Heri. Menurutnya, penghargaan ini akan semakin memperkuat kerjasama maritim dan perikanan kedua negara.

"Terima kasih atas penghargaan dan acara yang meriah ini. Penghargaan ini kami persembahkan juga untuk para para awak kapal asal Indonesia. Ke depannya kami berharap bisa terus menjalin kemitraan di bidang maritim dan perikanan Indonesia dan Jepang,” paparnya usai menerima penghargaan dan pengalungan Tenun Ikat Flores dari Dubes Heri Akhmadi sebagai tanda persaudaraan.

Sahabat dari Hati

Mewakili Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Santo Darmosumarto mengatakan penghargaan yang diberikan Dubes Heri Akhmadi kepada pihak perusahaan, kapten dan awak kapal FV Fukuseki Maru 15 semakin mengukuhkan kemitraan strategis Indonesia-Jepang yang sudah terjalin selama ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)